oleh

Hamon, Pria yang Sempat Tak Punya Wajah Selama 2 Bulan

Kabar6-‘Kehilangan muka’ tampaknya bukan sekadar ungkapan bagi Jerome Hamon (43). Pria asal Prancis ini memang sempat tidak memiliki muka atau wajah selama dua bulan karena mengalami kelainan genetik neufreufibromatosis tipe 1.

Hingga akhirnya Hamon harus menjalani operasi transplantasi wajah. Melansir foxnews, Hamon mendapatkan operasi transplantasi wajah pertamanya pada 2010 lalu. Saat itu, wajah yang dipindahkan pada mukanya berasal dari pria berusia 60 tahun. Sayang, enam tahun kemudian tubuhnya mulai ‘menolak’ donor wajah ini. Akibatnya, wajah Hamon menjadi sangat buruk, dan harus kembali diangkat pada 2017 lalu.

Hamon pun tidak memiliki wajah dan terlihat seperti zombie. Ia tak memiliki kelopak mata, bibir, dan telinga. Hal ini membuat Hamon tak mampu makan, berbicara, atau mendengar dengan baik. Ia hanya mampu berkomunikasi dengan gerakan kepala atau menulis.

Kondisi ini bertahan hingga dua bulan sebelum akhirnya kembali mendapatkan donor wajah yang berasal dari pria berusia 22 tahun. Agar tidak terjadi lagi penolakan donor wajah oleh tubuh Hamon, dokter melakukan persiapan dengan lebih baik dan terus memantau kondisinya selama tiga bulan.

Dr. Laurent Lantieri dari Georges Pampidou Hospital, Paris, dokter yang bertanggung jawab pada seluruh operasi transplantasi wajah yang dijalani Hamon, menganggap pria tersebut seperti korban perang nuklir. Namun, kondisinya kini semakin baik dan setelah tiga bulan mendapatkan penanganan intensif. ** Baca juga: Sebuah Perusahaan Denda Karyawan yang Gagal Berjalan Lebih dari 180 Ribu Langkah per Bulan

Ada satu hal yang menarik, Hamon justru menganggap dirinya seperti kembali muda karena mendapatkan wajah dari orang dengan usia yang jauh lebih muda. Senangnya…(ilj/bbs)

Berita Terbaru