oleh

Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Sebelum Tidur

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setelah seharian beraktivitas yang menguras banyak tenaga dan pikiran, tubuh tentu membutuhkan istirahat cukup atau tidur, untuk memulihkan stamina sekaligus menjaga kesehatan.

Bagaimana agar saat bangun tubuh terasa bugar dan siap kembali beraktivitas keesokan harinya? Selain menghindari konsumsi makanan berat sebelum tidur, dikutip tempo.co, ada tujuh hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan sebelum beranjak tidur pada malam hari. Ini dia hal yang dimaksud:

1. Berolahraga
Kegiatan ini memang sangat disarankan, namun waktunya tentu bukan sebelum tidur. Olah tubuh sebelum tidur akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga membuat Anda menjadi lebih sulit tidur.

2. ‘Bergumul’ dengan perangkat elektronik
Menurut penelitian kebiasaan tersebut tidak baik karena cahaya dari layar dapat menghentikan perkembangan melatonin dalam tubuh. Diketahui, melatonin adalah hormon yang membantu Anda tertidur pada malam hari.

3. Mandi air panas
Seperti halnya berolahraga, mandi air panas akan menaikkan suhu tubuh. Akibatnya, Anda akan merasa terlalu panas atau berkeringat. Kondisi seperti ini akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur. Sebaiknya, biarkan tubuh Anda menjadi dingin sebelum tidur.

4. Konsumsi air berlebihan
Kebiasaan ini akan menyebabkan Anda harus bolak-balik ke kamar mandi saat jam tidur, sehingga dapat merusak kualitas tidur. ** Baca juga: Kesalahan Berolahraga yang Rugikan Kesehatan

5. Bekerja
Bekerja sebelum tidur dapat merangsang otak, yang dapat menyebabkan stres. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur.

6. Membaca buku yang menarik
Kebiasaan membaca buku yang menarik sebelum tidur bisa membuat seseorang menunda tidur. Akibatnya, Anda akan tetap bangun sepanjang malam untuk menyelesaikan buku itu, sehingga keesokan harinya masih merasa kantuk.

7. Diskusi/bicara hal serius
Ketika Anda memiliki tema serius untuk didiskusikan dengan pasangan atau teman, sebaiknya bicarakanlah pada pagi hari. Penelitian menunjukkan, bukan ide yang baik untuk tidur setelah pengalaman traumatis atau argumen karena akan mempengaruhi emosi Anda. Setelah diskusi serius, emosi akan tinggi, sehingga Anda sulit untuk tertidur.

Tidur yang cukup akan membuat hidup Anda pun berkualitas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru