oleh

Hal yang Harus Anda Lakukan Setiap Jam Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Saat memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan ke angka ideal agar tubuh senantiasa sehat, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah masalah waktu.

Setiap jam merupakan ‘kesempatan’ bagi Anda untuk melakukan sesuatu sehingga memperoleh berat badan yang diinginkan. Melansir womenshealthmag, berikut terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan setiap jam untuk membantu menurunkan berat badan:

1. Pukul 06.00 hingga pukul 11.00
Saatnya untuk bangun tidur dan jangan lupa untuk mengonsumsi segelas besar air putih. Hal ini akan membuat Anda merasa kenyang dan membuat saluran pencernaan bekerja untuk mencegah perut kembung.

Saat mandi, lakukan beberapa gerakan peregangan. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi sarapan yang mengandung protein dan serat. Selanjutnya di tempat kerja atau saat work from home, pastikan Anda minum cukup air putih.

Apabila mulai merasa lapar sebelum jam makan siang, maka Anda dapat mengonsumsi camilan yang mengandung serat, tapi pastikan mengandung kurang dari 150 kalori. Untuk makan siang, siapkan menu yang terdiri dari makanan rendah lemak, tetapi juga mengandung protein, serat, sayuran segar, gandum, dan buah sebagai makanan penutup.

2. Pukul 12.00 hingga pukul 15.00
Bangun dari kursi kerja dan bergeraklah. Berjalan kaki di sekitar kantor atau ruangan tempat bekerja dalam rumah. Jangan lupa berolahraga ringan setelah makan siang, misalnya berjalan bolak-balik saat menelepon dapat menjadi pilihan yang baik.

Menjelang sore, saatnya mengonsumsi camilan rendah kalori untuk membuat energi Anda mencukupi hingga waktu makan malam. Hal ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di malam hari.

Anda juga dapat mengonsumsi segelas teh hijau. Kafein yang terdapat di dalam teh hijau dapat mengurangi rasa kantuk. Selain itu, teh hijau juga dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Pukul 17.00 hingga pukul 18.00
Jika memungkinkan, akan lebih baik Anda berjalan kaki dari kantor ke rumah Anda. Tentu hal ini hanya dapat dilakukan apabila jarak dari kantor ke rumah Anda tidak terlalu jauh.

Jalan kaki ini dapat membantu membakar sejumlah kalori dan mengurangi stres akibat bekerja, yang dapat memicu Anda makan secara berlebihan. ** Baca juga: Menurut Studi, Orang Antisosial Lebih Berani Langgar Protokol Kesehatan

Saat makan malam, konsumsi menu rendah kalori yang terdiri dari sayuran, protein, gandum, serta sedikit lemak. Lebih baik bila makan malam Anda hanya mengandung kurang dari 300 kalori.

4. Pukul 19.00 hingga pukul 22.00
Sikat gigi Anda dan lakukan olahraga ringan. Hal ini dapat mencegah keinginan untuk mengemil di tengah malam nanti. Saat sedang bersantai sambil menonton televisi, jangan lupa untuk melakukan beberapa olahraga ringan di sela iklan.

Sebelum tidur, siapkan segala keperluan Anda untuk kegiatan esok hari. Mulailah beristirahat, karena tidur yang cukup juga penting jika Anda ingin menurunkan berat badan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru