oleh

Hal yang Dapat Dilakukan Agar Bangun Pagi dalam Kondisi Segar Setelah Sulit Tidur Semalam

Kabar6-Biasanya saat semalam mengalami gangguan tidur atau sulit memejamkan mata, keesokan paginya Anda akan bangun dengan perasaan kesal atau bad mood, yang bukan tidak mungkin bisa bertahan hingga seharian.

Kondisi ini tentu saja membuat aktivitas harian menjadi terhambat. Lantas bagaimana agar hal ini tidak terjadi? Melansir beberapa sumber, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar saat bangun pagi Anda tetap dalam kondisi segar, meski sulit tidur semalaman. Apa sajakah itu?

1. Kena sinar matahari
Selain membantu tubuh mengatur ‘jam internal’-nya, terena sinar matahari pagi dapat membantu suasana hati dan otak. Jadi, jika tidak ingin kesulitan tidur seperti semalam, bangunlah dan sambut cahaya sinar matahari.

Keluar di tengah hari juga membantu. Jika Anda berada di kantor, berjalan-jalan sedikit sekira jam makan siang bisa menjadi pilihan.

2. Konsumsi kafein dalam dosis wajar
Tidak minum kopi setelah sulit tidur di malam hari bisa membuat Anda mudah tersinggung dan sakit kepala. Jadi, tidak masalah jika Anda tetap minum kopi untuk dapat membantu tetap ‘terbangun’.

Namun, kafein dapat bertahan di tubuh Anda selama beberapa jam, sehingga jangan diminum berlebihan atau dikonsumsi menjelang waktu tidur.

3. Olahraga di waktu yang tepat
Ini dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Olahraga baik dilakukan saat Anda mencoba bangun dari tidur yang tidak nyenyak agar dapat tetap bekerja dengan baik.

Namun, jangan melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur karena akan merangsang tubuh mengeluarkan hormon kortisol, yang membuat Anda lebih waspada. Jika harus berolahraga pada sore atau malam hari, usahakan untuk menyelesaikannya minimal tiga jam sebelum tidur.

4. Tidur siang dalam jumlah yang tepat
Faktanya, tidur siang selama 20 menit akan mengasah perhatian dan keterampilan motorik, sedangkan jika dilakukan selama 90 menit dapat meningkatkan pemikiran kreatif. ** Baca juga: Cara Makan Buah yang Tidak Tepat Bisa Kurangi Nilai Nutrisinya

Namun, tidur siang antara 20-90 menit justru dapat membuat Anda lebih pusing. Jadi, jika ingin tidur siang agar lebih segar, usahakan tidak lebih lama dari waktu tersebut karena dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur di malam hari.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru