oleh

Hah, Kandungan Kafein dalam Minuman Energi Setara 7 Cangkir Kopi?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat ini banyak anak muda yang gemar mengonsumsi minuman energi sebagai penambah tenaga. Padahal, kebiasaan tersebut jika dilakukan secara rutin tidak baik untuk kesehatan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan Pediatric, dikutip dari Intisari, disebutkan bahwa anak, remaja, dan dewasa muda yang mengonsumsi minuman energi secara berlebihan berpotensi menyimpan bahaya karena dapat memicu jantung berdebar, kejang, stroke, dan kejadian meninggal mendadak.

Minuman energi adalah jenis minuman ringan yang diharapkan dapat menambah energi dan kekuatan seseorang yang meminumnya. Bagi beberapa kalangan, minuman energi diminum dengan tujuan mencegah kelelahan dan kantuk.

Di Indonesia, minuman energi digolongkan sebagai minuman kesehatan. Sebaliknya, di luar negeri khususnya Amerika Serikat, minuman energi digolongkan sebagai minuman ringan. ** Baca juga: Cari Tahu Penyebab Sering Bangun Tengah Malam

Ancaman minuman energi berasal dari kandungan kafein yang berlebihan. Penelitian mengungkapkan, kandungan kafeinnya 14 kali lebih banyak dibandingkan dengan minuman jenis cola. Ini setara dengan mengonsumsi tujuh cangkir kopi.

Bagi orang dewasa mungkin tak masalah. Namun, bagi anak atau remaja, bisa menimbulkan dampak kesehatan serius. Jadi lebih bijaksana mengonsumsi minuman berenergi, dan usahakan tidak terlalu berlebihan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru