oleh

H-5 Ramadhan, Cabai Rawit Merah Tembus Rp. 70 Ribu

Kabar6-Memasuki H-5 Ramadhan, harga sejumlah jenis kebutuhan pokok terus merangkak naik. Mirisnya, lonjakan harga diprediksi bakal terus meroket, hingga pelaksanaan ramadhan nanti.

Pantauan kabar6.com di Pasar Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, harga cabai cabai rawit merah yang biasanya dijual Rp. 45 ribu per kilogram, kini melonjak hingga Rp. 70 ribu per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada harga cabai merah keriting. Bila sepekan lalu cabai jenis ini masih dijual dengan harga Rp. 20 ribu per kilogram, kini melonjak menjadi Rp. 36 ribu perkilogram.

Sedangkan harga ayam boiler yang biasanya dijual Rp. 25 ribu per ekor kini naik menjadi Rp. 35 ribu perekor. Harga telur naik dari Rp. 14 ribu per kilogram, menjadi Rp. 18 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga ini terasa kian menyiksa. Apalagi sebentar lagi Ramadhan. Kalau pemerintah tidak bisa mengendalikan lonjakan harga ini, tentunya bakal bakal banyak ibu rumah tangga yang protes,” ujar Mia, ibu rumah tangga yang berbelanja di Pasar Kelapa Dua, Kamis (4/7/2013).

Kondisi kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok serupa juga terjadi di Pasar Anyar, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Pedagang mengklaim, selain kondisi cuaca yang mengakibatkan hasil panen jelek, kenaikan harga juga dipicu kenaikan harga BBM.

“Logikanya saja. Kalau BBM naik, tentunya ongkos kirim barang juga ikut naik. Dan, bila ongkos kirim naik, biaya bongkar muat barang oleh kuli juga ikut naik. Kenaikan harga ini belum mencapai puncak, karena sebentar lagi Ramadhan,” ujar Wati (40), salah seorang pedagang cabai di Pasar Anyar.(ir/tom migran)

Berita Terbaru