oleh

Gyermekvasút, Kereta Api yang Seluruh Pekerjanya Anak-anak

Anak-anak sedang bertugas.(Hungary Today)
Anak-anak sedang bertugas.(Hungary Today)

Kabar6-Ada hal yang unik di negara Hongaria. Di pinggiran Budapest, Ibukota Hongaria, terentang rel kereta api yang pendek dan sempit, disebut Gyermekvasút.

Para pekerjanya bukanlah orang dewasa, melainkan anak-anak. Children’s Railway dikelola dan dijalankan terutama oleh anak-anak pra-remaja berusia antara 10 sampai 14 tahun, di bawah pengawasan orang dewasa.

Hanya masinis dan pemeliharaan peralatan yang dilakukan oleh orang dewasa. Dikutip dari Apa Kabar Dunia, pekerjaan lainnya seperti memeriksa dan mengeluarkan tiket, sinyal operasi, membuat pengumuman dan memberikan informasi kepada penumpang, dilakukan oleh anak-anak berpakaian seragam resmi.

Petugas sedang mengoperasikan alat.(hiddenunseen)
Petugas sedang mengoperasikan alat.(hiddenunseen)

Diketahui, Children’s Railway adalah peninggalan era komunis, dibangun pada saat gerakan Pionir Muda berada pada masa jaya. Young Pioneers adalah gerakan pemuda Partai Komunis, mirip dengan gerakan Pramuka di dunia Barat, di mana orang-orang muda belajar keterampilan kerja dan sosial, serta menghadiri kamp musim panas yang didanai publik.

Gyermekvasút di Budapest adalah rel kereta api sepanjang 11,2 km dan melewati tujuh perhentian, yang semuanya adalah tempat rekreasi populer. Untuk bekerja pada Children’s Railway, anak-anak menjalani empat bulan pelatihan dan mengikuti ujian di semua bidang manajemen kereta api, sebelum menerima lisensi satu tahun. ** Baca juga: Swedia Jadi Negara yang Ramah Anak & Keluarga

Di anak-anak bekerja sekali atau dua kali dalam dua minggu, sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan jadwal sekolah. Bahkan ada yang diizinkan untuk tidak sekolah saat bekerja. Tentu saja karena bekerja pada Gyermekvasút adalah hak istimewa, yang sangat diinginkan oleh anak-anak muda Hongaria.(ilj/bbs)

Berita Terbaru