oleh

Gunakan Tusuk Gigi Terlalu Sering Tidak Disarankan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang usai makan langsung membersihkan gigi dengan tusuk gigi. Maklum, seringkali ada sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, terlebih lagi jika Anda memiliki gigi bolong.

Namun para ahli justru mengatakan bahwa menggunakan tusuk gigi terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi gigi dan gusi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Dilansir Boldsky, berikut uraiannya:

1. Pengikisan
Tusuk gigi yang mengorek sisa makanan di antara gigi dapat mengakibatkan terjadinya pengikisan dan pendarahan. Jika hal ini terus menerus dilakukan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi.

2. Penyakit gusi
Tidak hanya pada gigi, penggunaan tusuk gigi juga memengaruhi gusi. Jika tidak segera diobati, kondisi ini akan membuat penyakit gusi parah.

3. Picu jarak antar gigi
Mengorek makanan di tempat yang sama berulangkali dapat menciptakan ruang di antara dua gigi. Parahnya, terkadang malah ada kemungkinan makanan terjebak di antara dua gigi, dan menyebabkan pembentukan rongga.

4. Rusak enamel gigi
Saat memakai tusuk gigi, Anda pun cenderung mengunyah dari tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Rusak akar gigi
Gusi akan bergerak turun dari posisinya semula, sehingga menyebabkan kerusakan pula pada akar gigi

6. Hancurkan lapisan gigi
Lapisan yang melindungi rongga gigi akan hancur karena sering menggunakan tusuk gigi. ** Baca juga: Risiko Kanker Payudara Mengintai Gadis Remaja yang Hobi Konsumsi Minuman Soda

7. Napas bau
Ketika makanan terjebak dalam jangka waktu yang lama dibersihkan dengan menggunakan tusuk gigi, kondisi ini akan menyebabkan bau mulut juga.

Sebagai salah satu alternatif, Anda bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan atau menggunakan benang gigi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru