oleh

Gula Batu Belum Tentu Sehat Lho

Kabar6-Beberapa jenis makanan/camilan dan minuman yang ada di pasaran, memiliki kandungan gula cukup tinggi. Rasa manis dalam gula tanpa disadari membuat kita kecanduan.

 

 

Padahal efek negatif jika kita terlalu banyak mengonsumsi gula misalnya obesitas bahkan diabetes. Karena itulah, kadang kita mencari alternatif lain selain gula pasir sebagai pemanis makanan. Salah satu adalah gula batu.

 

Namun anggapan bahwa gula batu adalah pengganti yang lebih sehat dari gula pasir tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya,  gula batu dan gula pasir terbuat dari bahan yang sama yaitu larutan gula cair.

 

Gula batu terbuat dari kristalisasi larutan gula yang telah mencapai titik jenuh. Hal ini berarti secara kandungan, gula pasir dan gula batu bisa dianggap sama saja dan hanya memiliki bentuk yang berbeda.

 

Artinya, jika kita mengganti gula pasir dengan gula batu, maka konsumsi gula per hari pun akan sama saja sehingga berpotensi pula terkena diabetes atau obesitas. ** Baca juga: Menristekdikti Dukung Riset Alat Pemindai Otak Dr Warsito

 

Cara yang tepat adalah membatasi asupan gula per hari maksimal empat sendok makan, sesuai standar WHO. Selain itu, kita juga harus membatasi diri untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Mudah bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru