oleh

Gubernur Banten Tegaskan Bakal Bongkar Bangunan Liar di Situ Cipondoh

Kabar6-Pemerintah Provinsi Banten bakal membongkar bangunan di kawasan Situ Cipondoh, Kota Tangerang. Pembongkaran itu dilakukan karena banyak oknum yang memanfaatkan lahan di Situ Cipondoh untuk kepentingan pribadi.

Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, keberadaan Situ Cipondoh saat ini mulai mengkhawatirkan. Sebab demikian, banyak oknum yang memanfaatkan lahan untuk kepentingan pribadi, sehingga luas dari Situ Cipondoh pun mulai berkurang.

“Nanti mau dibongkar itu bangunan-bangunan yang ada dipinggir Situ Cipondoh. Sebab, Situ Cipondoh berada dibawah naungan Pemerintah Provinsi Banten,” ujar Pria yang akrab disapa WH ini kepada wartawan, Jum’at (22/1/2021).

WH menilai jangan sampai luas dari Situ Cipondoh yang menjadi daya tampung air ini semakin berkurang.

“Kita sedang menata Situ Cipondoh, dan situ-situ yang ada di Provinsi Banten. Dengan penataan yang baik tentunya keberadaan situ pun semakin terjaga, dan terhindar dari para oknum untuk kepentingan pribadi,” jelasnya

Dirinya menegaskan, akan melaporkan ke Kejaksaan atas dugaan pemanfaatan aset negara secara ilegal oleh para pengembang dan masyarakat.

“Di Banten itu sekitar 63 sampai 67 situ, dan paling banyak itu di Kota Tangerang Selatan,” tegas pria yang pernah menjabat Walikota Tangerang dua periode ini.

WH menjelaskan, sebenarnya pemerintah daerah tidak melarang pemanfaatan situ ataupun lahan-lahan milik pemerintah. Namun, masyarakat ataupun pengembang harus meminta izin secara resmi pemanfaatan lahan tersebut.

**Baca juga: Warga Benda Geram Posko Dibongkar Paksa WIKA

“Tidak boleh ilegal begitu. Masyarakat atau pengembang harus mengajukan secara resmi HGU HPL kepada pemerintah. Sehingga, pemerintah akan memberi aturan seperti boleh ataupun tidak dilakukan pemanfaatan lahan,” tegasnya.

“Selain itu, konservasi lingkungan tetap berjalan dan aset pemerintah tersebut juga bisa jadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru