oleh

Gua Prohodna di Bulgaria Punya Langit-langit Seperti ‘Mata Dewa’

Kabar6-Sebuah gua karst di Bulgaria bernama Prohodna, memiliki langit-langit sangat unik, yang mungkin tidak dimiliki gua-gua lainnya di dunia.

Gua ini dikenal dengan dua lubang menyerupai mata pada langit-langitnya. Kedua lubang itu dijuluki ‘Eyes of God’ atau ‘Mata Dewa’ yang seolah-olah menatap para pengunjung.

Karst sendiri adalah sebuah bentuk permukaan Bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping.

Bagian dalam Gua Prohodna sepanjang 262 meter ini, melansir Atlasobscura, bersinar tiap kali matahari atau bulan bersinar tepat di atas kedua lubang mata tersebut. Sedangkan saat hujan turun, maka seolah-olah mata ini sedang mengeluarkan air mata.

Dilihat dari ukuran, bentuknya yang mirip serta penampakannya yang seperti mata sungguh luar biasa karena kedua lubang itu adalah hasil dari kekuatan erosi alami.

Gua ini sempat menjadi lokasi syuting film ‘Bulgaria Time of Violence’ pada 1988. Gua prohodna memiliki dua pintu masuk, yaitu satu pintu masuk kecil yang tingginya 35 meter, dan pintu masuk besar tingginya 45 meter. ** Baca juga: Terobosan Dunia Medis, Wanita Ini Jadi Pasien HIV Pertama yang Sukses Donorkan Ginjalnya

Hal yang menarik, Gua Prohodna juga menjadi lokasi populer para pecinta bungee jumping.(ilj/bbs)

Berita Terbaru