Gros, Fisikawan Jerman yang Ingin Ciptakan Planet Berpenghuni di Luar Angkasa

Trappist-1.(trappist.one)

Kabar6-Seorang fisikawan teoritis di Goethe University di Frankfurt bernama Profesor Claudius Gros, mengklaim bahwa kehidupan dapat diciptakan ke benda angkasa di luar tata surya, dengan ‘menanamkan kehidupan’ di atasnya.

Pertama adalah dengan mengidentifikasi planet-planet yang tidak dapat dihuni secara permanen, namun dapat mendukung kehidupan untuk sementara. Seperti yang baru-baru ini ditemukan mengorbit sebuah bintang terdekat bernama Trappist-1.

“Hidup memang bisa diciptakan di planet-planet ini, tapi tidak ada waktu untuk tumbuh dan berkembang secara mandiri,” kata Gros, seperti dilansir mirror.co.uk.

Gros menyarankan untuk mengirim pesawat luar angkasa tak berawak antar bintang ke planet-planet ini. Pesawat ruang angkasa itu perlu dilengkapi dengan layar magnetis, sehingga bisa berhenti begitu sampai di tempat tujuan.

Layar ini, dikutip dari Intisari, akan menghasilkan gesekan dengan proton, yang memungkinkan pesawat tersebut melambat dalam perjalanan. Pesawat ruang angkasa akan dilengkapi dengan laboratorium gen otomatis.

Pada saat kedatangan, laboratorium ini akan mensintesis pilihan organisme sel tunggal, dengan tujuan membangun ekosfer di planet sasaran. Hal ini kemudian dapat berkembang secara mandiri dan mungkin berevolusi menjadi bentuk kehidupan yang kompleks, menciptakan Bumi kedua di tempat lain di luar angkasa.

“Dengan cara ini, kita bisa melompati kira-kira empat miliar tahun yang diperlukan di Bumi untuk mencapai tahap perkembangan Prakambrium di mana dunia hewan berkembang sekira 500 juta tahun yang lalu,” jelas Gros. ** Baca juga: Selama 18 Tahun Jadi Sopir, Dipak Tidak Pernah Membunyikan Klakson

Gros tidak memberikan skala waktu untuk proyeknya ini, karena dapat menempuh beratus juta tahun untuk mengembangkannya. (ilj/bbs)