oleh

Gratis, Taksi Tanpa Sopir di Singapura

Taksi tanpa sopir di Singapura.(BBC)
Taksi tanpa sopir di Singapura.(BBC)

Kabar6-Jika biasanya taksi beroperasi dengan dikemudikan oleh seorang sopir, di Singapura hal itu sudah tidak berlaku lagi. Ya, Anda kini mulai bisa menumpang taksi tanpa sopir. Dan selama masa uji coba, layanan ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Jangan khawatir, dalam masa uji coba, masih ada sopir di depan untuk mengambil alih kemudi jika ada hal-hal di luar perkiraan. Dikutip dari Kompas, perusahaan yang melakukan ujicoba ini adalah nuTonomy.

Perusahaan ini merupakan rintisan pengembang piranti lunak untuk mobil tanpa sopir yang berada di Amerika Serikat. nuTonomy didirikan pada 2013 oleh dua peneliti MIT yang khusus berkecimpung di bidang robotik dan teknologi tanpa pengemudi.
Nah, awal tahun ini nuTonomy menjadi perusahaan pertama yang mendapatkan izin dari pemerintah Singapura untuk menguji mobil tanpa pengemudi di sebuah daerah kecil negara itu.

Lantaran nuTonomy bukan produsen mobil, kendaraan yang digunakan adalah mobil-mobil kecil merek Renault dan kendaraan elektrik Mitsubishi yang telah dilengkapi dengan piranti lunak dan kamera dari nuTonomy.

Taksi tanpa sopir ini terdiri dari enam armada, masing-masing dilengkapi sistem rumit menggunakan laser yang beroperasi seperti radar untuk memonitor areal di sekitar mobil. Tentu saja dengan ditambahi beberapa kamera yang terhubung dengan piranti lunak.

Kendaraan ini akan berjalan di daerah yang hanya seluas empat kilometer persegi di bagian barat Singapura. Terdapat juga lokasi penjemputan dan penurunan penumpang yang sudah ditetapkan.

Artinya, penumpang tidak bisa naik dan turun sesuka hati. Untuk menikmati taksi tersebut, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. ** Baca juga: Gemas, Burger Pokemon yang Sayang Untuk Dimakan

Tertarik mencoba?(ilj/bbs)

Berita Terbaru