oleh

Goodbye Insomnia dengan 5 Makanan yang Bikin Tidur Pulas

Kabar6-Selain dapat mengistirahatkan otak dan tubuh, tidur cukup yang berkualitas juga berpengaruh untuk kesehatan jangka panjang Anda. Hal itu karena kurang tidur akan melemahkan fungsi organ dan lebih rentan terhadap virus.

Bagaimana agar tidur Anda selalu pulas? Melansir beberapa sumber, ada beberapa makanan yang berpengaruh untuk mendapatkan tidur berkualitas, sehingga Anda tidak lagi mengalami insomnia. Ini lima jenis makanan yang dimaksud:

1. Almond
Satu ons almond mengandung hampir 25 persen kebutuhan magnesium harian untuk wanita. Sedangkan kebanyakan orang hampir 80 persen tidak mengonsumsi cukup magnesium

Diketahui, magnesium berfungsi untuk membuat otak lebih bersantai, serta antikecemasan. Jadi, Anda dapat mengonsumsi almond sebagai camilan atau mencampurkannya dalam yoghurt dan sereal untuk sarapan.

2. Oat
Oat merupakan sumber karbohidrat utuh yang sehat karena kandungan glukosanya sedikit, dan dapat Anda konsumsi saat sarapan. Sebuah studi tentang perbedaan tidur pada orang diet dengan lebih tinggi protein, lemak, atau karbohidrat, menunjukkan sejumlah perbedaan. Partisipan yang melakukan diet tinggi karbohidrat bisa tidur lebih nyenyak dibanding yang lain.

3. Ceri
Ceri mengandung melatonin tinggi. Zat inilah yang membantu mengatur siklus tidur. Saat Anda maka ceri, otomatis tidur akan semakin nyenyak. Beberapa penelitian juga menguji akan khasiat dari ceri ini. Hasilnya, partisipan yang sebelumnya makan ceri bisa tidur lebih lama daripada yang lain.

4. Raspberry
Orang dewasa membutuhkan antara 25-35 gram serat per hari. Hal ini sangat cocok dengan buah raspberry. Buah ini mengandung sembilan gram serat di dalamnya. Anda bisa membuat smoothie dengan campuran buah kiwi, biji chia dan pisang untuk meningkatkan asupan serat.

5. Yoghurt
Microbioma terdapat dalam usus, yang juga berperan untuk menciptakan pola tidur, suasana hati, dan tingkat stres. Salah satu cara terbaik untuk menjaga microbioma tetap sehat yaitu dengan menambah bakteri baik di makanan kaya prebiotik.

Dan, salah satu makanan yang terbukti adalah yoghurt. Mengonsumsi yoghurt secara rutin, mampu meningkatkan bakteri baik dalam usus. ** Baca juga: Pilih Jenis Hand Sanitizer yang Sesuai Kebutuhan Anda

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru