oleh

Gizi dalam Daging Ada Juga pada 5 Makanan Ini

Kabar6-Meskipun mengandung sejumlah nutrisi, mengonsumsi terlalu banyak daging juga akan menimbulkan dampak buruk bagi tubuh antara lain bau badan, sakit kepala, hingga masalah berat seperti penyakit jantung atau kolesterol.

Namun tahukah Anda, gizi dalam daging sebenarnya dapat juga ditemukan pada makanan lain, bahkan dalam sayuran dan biji-bijian? Melansir huffingtonpost, ini lima makanan yang juga memiliki gizi sama seperti daging:

1. Kacang untuk pengganti protein
Anda tidak perlu mengkhawatirkan kekurangan protein, karena ada juga dalam kacang-kacangan. Meskipun tidak memiliki protein yang sangat lengkap, kacang dapat memberikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang dibutuhkan oleh tubuh ini dapat bersumber dari kacang, kacang polong, biji-bijian, tahu, dan tempe.

2. Sayur hijau gelap sumber zat besi
Tubuh memerlukan zat besi untuk mengangkut oksiken dari paru-paru ke sel-sel dalam tubuh. Zat ini memang terdapat pada daging. Namun Anda bisa mendapatkan zat besi dalam sayuran hijau gelap. Zat besi ini dapat diperoleh di makanan seperti kismis, sereal, atau juga sayur bayam.

3. Biji-bijian memberikan zinc
Zinc atau salah satu jenis mineral bersumber dari kacang, biji labu, biji wijen, dan bahkan sereal. Bahan-bahan ini akan memberikan zinc yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan pada tubuh dan juga kekebalan tubuh.

4. Lemak
Selain dari daging, lemak juga dapat bersumber dari kenari. Lemak jenis ini berfungsi untuk peningkatan fungsi mata, otak, sampai jantung. Jika masih merasa kurang, Anda dapat mengonsumsi suplemen DHA yang berbasis alga sebagai pelengkap.

5. Garam beryodium
Yodium merupakan sebuah nutrisi yang penting terutama mencegah penyakit gondok. Zat ini juga dapat meningkatkan fungsi mata, membuat kulit lebih sehat, dan membantu pengobatan luka. ** Baca juga: 5 Bumbu Makanan yang Jangan Disimpan Sembarangan

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru