oleh

Gila, Sebanyak 1.500 Kura-kura Langka Diselundupkan dalam 4 Koper di Bandara Filipina

Kabar6-Pihak berwenang di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Filipina, menemukan sebanyak lebih dari 1.500 kura-kura langka. Hal yang mengenaskan, kura-kura itu dalam kondisi terikat lakban dan dimasukkan ke empat buah koper tanpa pemilik.

Kura-kura yang masih hidup itu, melansir skynews, diperkirakan senilai sekira Rp1,2 miliar. Pihak berwenang mulai mencurigai bahwa hewan itu hendak diselundupkan untuk dijual, dan dibawa dalam penerbangan dari Hong Kong.

“Penumpang mungkin telah diberitahu tentang pengawasan Biro Kepabeanan terhadap perdagangan satwa liat ilegal dan hukumannya,” kata Biro Kepabeanan.

Kura-kura itu terdiri dari beberapa spesies, yaitu star, redfoot, kura-kura Afrika, termasuk kura-kura slider bertelinga merah. Diperkirakan hewan tadi dijual dalam perdagangan peliharaan eksotis ilegal.

Pasar gelap Hong Kong sendiri memang kerap menjual kura-kura langka, padahal hewan ini dilindungi oleh pemerintah setempat. ** Baca juga: Jadi Runyam, Pembunuh Bayaran Asal Turki Ini Malah Jatuh Cinta pada Targetnya

Mereka yang kedapatan melakukan transaksi ilegal akan mendapat denda sebesar Rp18 miliar dan kurungan penjara 10 tahun. Hal sama juga dilakukan oleh pemerintah Filipina.(ilj/bbs)

Berita Terbaru