oleh

Gerebekan Rumah Hacker, Polisi AS Temukan Deposit Bitcoin Rp51,7 Triliun dalam Kaleng Popcorn

Kabar6-Pihak berwajib Amerika Serikat (AS) menggeledah rumah milik seorang hacker, James Zhong (32), dan menemukan deposit Bitcoin senilai sekra lebih dari Rp51,7 triliun dalam kaleng popcorn.

Deposit Bitcoin itu merupakan hasil curian satu dekade lalu dari sebuah pasar gelap online. Melansir cnbc, Zhong, yang tinggal di Gainesville, Georgia, AS, mengaku bersalah dalam sidang pengadilan karena melakukan penipuan kawat pada 2012. Pria itu telah meretas lebih dari 50 ribu Bitcoin senilai USD3,36 miliar, satu dekade lalu dari pasar gelap online Silk Road, di mana pengguna dapat membeli dan menjual barang ilegal secara anonim. Ini termasuk obat-obatan terlarang dan SIM palsu

Polisi yang menggeledah kamar di rumah Zhong menemukan perangkat itu disembunyikan dalam brankas lantai bawah tanah dan di single-board computer yang disembunyikan dalam kaleng popcorn, serta ditutupi selimut di kamar mandi.

Jaksa AS, Damian Williams, mengatakan bahwa selama satu dekade, keberadaan sebagian besar Bitcoin yang hilang nilainya telah menggelembung menjadi sekira USD3,36 miliar. ** Baca juga: Stempel Logam Berusia 3.000 Tahun Tunjukkan Orang Mesir Kuno Mengenal Praktik Perbudakan

“Berkat pelacakan mata uang kripto yang canggih dan kerja polisi yang baik, penegak hukum menemukan dan memulihkan cache hasil kejahatan yang mengesankan ini,” kata Williams.

Mata uang digital Bitcoin sepenuhnya virtual dan berada di luar kendali pemerintah dan bank sentral, seperti versi uang tunai online. Kini, Zhong menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara atas peretasan tersebut.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email