oleh

Gerakkan Tubuh Selama 15 Menit Tiap Hari Beri Tambahan 3 Tahun Harapan Hidup

Kabar6-Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa 15 menit aktivitas fisik setiap hari dapat meningkatkan rentang hidup hingga tiga tahun.

Penelitian ini juga menunjukkan peningkatan manfaat dengan setiap menit aktivitas yang dilakukan. Tim peneliti, melansir Sindonews, merujuk studi delapan tahun yang menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari selama 15 menit mengurangi semua penyebab kematian sebesar 14 persen. Hal senada juga ditemukan tim peneliti, di mana menggerakkan tubuh selama 15 menit setiap hari menambahkan tiga tahun harapan hidup.

Setiap tambahan 15 menit aktivitas fisik setiap hari menurunkan angka kematian selama masa studi sebanyak empat persen. Dr Daniel Forman, seorang ahli jantung dan ahli geriatri di Rumah Sakit Wanita dan Brigham yang berafiliasi dengan Harvard, menyoroti manfaat bergerak.

“Olahraga menurunkan kerentanan Anda terhadap serangan jantung, gagal jantung, penyakit arteri perifer, dan aritmia. Anda tidak hanya merasa lebih baik, tetapi juga berfungsi lebih baik,” ungkap Dr Forman. ** Baca juga: Yuk, Tingkatkan Fungsi dan Kesehatan Otak

Komitmen harian untuk menggerakkan tubuh sangatlah penting guna mendapatkan manfaat kesehatan. “Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, karena Anda lebih cenderung melakukannya,” tambah Dr Forman.

Adapun aktivitas yang disarankan di antaranya adalah jalan cepat, menari, tai chi, aerobik air, naik sepeda, tenis ganda, mendorong mesin pemotong rumput, mendaki, bermain sepatu roda, jogging, lari, renang, sepak bola, ragbi, bola jaring, hoki, lompat tali, senam, seni bela diri, pilates, push-up, sit-up, olahraga dengan resistance band, mencuci mobil, naik tangga dan naik eskalator.

Yuk, rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan panjang umur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru