oleh

Genjot Pajak Daerah, Pemkab Tangerang Gandeng BJB dan e-Commerce

Kabar6-Dalam rangka menggenjot penerimaan pajak daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bersama Bank Jabar Banten (BJB) bakal menggandeng sejumlah perusahaan perdagangan online atau e-Commerce terkemuka di tanah air.

Pelibatan perusahaan e-Commerce ini bertujuan, untuk memberikan kemudahan bagi para Wajib Pajak (WP) dalam melakukan transaksi atas kewajibannya membayar pajak daerah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang Soma Atmaja mengatakan, saat ini pihaknya bersama BJB tengah melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan e-Commerce, guna memberikan kemudahan transaksi secara non tunai kepada para WP.

Transaksi pembayaran pajak berbasis elektronik itu merupakan akses pelayanan alternatif untuk menjawab kebutuhan WP di era digital.

“Insya Allah dalam waktu dekat kerjasama dengan perusahaan e-Commerce akan dilaunching. Untuk tahap awal mungkin ada sekitar empat perusahaan e-Commerce yang akan kami gandeng,” ungkap Soma, kepada Kabar6.com, belum lama ini.

Sistem kerjasama dengan perusahaan e-Commerce ini, kata Soma, sepenuhnya akan diserahkan oleh BJB selaku bank persepsi yang digunakan Pemkab Tangerang untuk menampung keuangan daerah.

“Sistemnya itu BJB yang atur. Kita gimna BJB aja, intinya mereka yang akan menggandeng kerjasama dengan perusahaan e-Commerce. Kita ikuti aja karena salurannya nanti ke BJB,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang PBB dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Bapenda Kabupaten Tangerang, Dwi Chandra Budiman menjelaskan, dalam waktu dekat rencana kerjasama dengan perusahaan e-Commerce memang akan segera direalisasikan.

Namun, mengenai mekanisme kerjasama sepenuhnya diserahkan kepada BJB dengan sejumlah pihak perusahaan e-Commerce.

“Transaksi alternatif berbasis eletronik ini kami sediakan bagi WP milenial yang memiliki aktivitas tinggi dan tak sempat membayar pajak secara tunai. Mereka, cukup melakukan transaksi tak ubahnya seperti belanja online,” ujarnya.

Kerjasama dengan perusahaan e-Commerce ini, tutur Dwi, bukan merupakan akses pelayanan tunggal bagi para WP dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak.

Para WP yang enggan menggunakan akses transaksi elektronik juga bisa membayar pajak secara tunai melalui BJB, mobil keliling, loket- loket yang tersedia di seluruh kecamatan, serta mini market Alfamart dan Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.**Baca juga: Bapenda Kabupaten Tangerang Optimis Target PBB-P2 Bisa Tercapai.

“Pembayaran pajak melalui e-Commerce ini kami sediakan untuk menjawab tantangan di era digitalisasi, karena sistem transaksi saat ini sudah banyak yang beralih dari tunai ke non tunai. Oleh karena itu, kami sekarang mulai mencobanya. Dengan sistem ini para WP milenial akan semakin mudah bayar pajak tepat pada waktunya, meski dia sedang berada di luar kota atau bahkan diluar negeri,” katanya.(ADV)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru