oleh

Gempa Susulan di Lebak, Bangunan Rusak Bertambah

Kabar6-Kabupaten Lebak, Banten, kembali diguncang gempa susulan, berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR). Lokasi terdampak gempa pun meluas, dari sebelumnya hanya di 62 desa, kini bertambah menjadi 74 desa.

“Kebetulan kita kedatangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk melihat pasca bencana, sedang melakukan pengecekan langsung,” kata Kaprawi, Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Banten, saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, Rabu (24/01/2018).

Sedangkan jumlah rumah rusak, dari sebelumnya 1.158, kini bertambah menjadi 1.189 unit. Dampak dari gempa itu diperkirakan akan terus bertambah, seiring masih dilakukannya pendataan oleh RT, RW BPBD, TNI, Polri hingga masyarakat.

Kerusakan jembatan dan jalan, hingga kini terus dilakukan pengecekan dan penghitungan. Mengingat Kabupaten Lebak memiliki ribuan jembatan gantung dan permanen.

“Infrastruktur, sedang dalam tahap pengecekan petugas, RT, RW, desa, bersama sama. Fasos fasum belum masuk. Yang masuk pemukiman dulu,” terangnya.

Gempa susulan kali ini terjadi di 7.16LS – 106.07 BT, berjarak 69 Kilometer arah Barat Daya, berkedalaman 33 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami.**Baca Juga: Lebak Kembali Diguncang Gempa Susulan

Sebelumnya sempat diberitakan gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Lebak, Banten, pada Selasa 23 Januari 2018. Lalu terjadi gempa susulan lebih dari 20 kali. Siang ini, gempa kembali mengguncang Kabupaten Lebak dengan kekuatan 5,1 SR yang mengagetkan warga, terutama korban terdampak gempa.(dhi)

Berita Terbaru