oleh

Gemar Konsumsi Sayuran Jadikan Wanita Tidak Mudah Stres

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain menyehatkan, gemar mengonsumsi sayuran akan membantu mencegah stres pada wanita. Penelitian yang dilakukan University of Sydney Australia mengungkapkan bahwa kaum hawa yang gemar mengkonsumsi sayuran setidaknya lima hingga tujuh porsi setiap harinya bisa menurunkan kadar stres dalam tubuh hingga 23 persen.

Penelitian yang melibatkan 60 ribu partisipan usia 45 tahun atau lebih ini, dikutip doktersehat.com, dilakukan dengan cara meneliti pola makan para partisipan.

Para peneliti mencari tahu kebiasaan partisipan dalam mengkonsumsi buah dan sayuran sehari-hari, dan kemudian membandingkannya dengan faktor gaya hidup sekaligus tekanan psikologis dari rentang 2006-2008 dan 2010.

Hasilnya, selama sekira empat tahun, wanita yang rutin mengkonsumsi tiga hingga empat sayuran setiap hari cenderung menurunkan risiko terkena stres hingga 12 persen. Bahkan, jika mereka mengkonsumsi sayuran hingga tujuh porsi, risiko ini bisa semakin menurun.

Wanita yang mengalami masalah obesitas, menurut pakar kesehatan, memang cenderung meningkatkan kadar stres dalam tubuhnya. Namun jika mereka mulai menerapkan gaya hidup sehat dan rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, nutrisi dari sayur dan buah ini bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamanin yang bisa memperbaiki suasana hati.

Tak hanya menurunkan stres, konsumsi buah dan sayuran secara rutin diyakini menurunkan risiko terkena depresi dengan signifikan. ** Baca juga: Memeluk Orang yang Disayangi Baik untuk Kesehatan

Binh Nguyen, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, menyebutkan bahwa nutrisi dari sayuran dan buah-buahan cenderung memberikan proteksi lebih baik pada wanita dibandingkan dengan pria.

Menurut Binh, jika wanita rutin mengkonsumsi sayuran hijau layaknya bayam yang kaya akan folat, maka suasana hati mereka akan semakin membaik dan tidak akan mudah terkena stres.

Menguntungkan bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru