oleh

Gawat! Stasiun Penelitian Ilmiah Belgia di Antartika Diserang Wabah COVID-9

Kabar6-Meskipun seluruh ilmuwan sudah divaksinasi COVID-19, stasiun penelitian ilmiah Belgia di Antartika masih saja diserang wabah COVID-19. Dari 25 staf dan ilmuwan yang bekerja di stasiun tersebut, sebagian besar di antaranya dinyatakan positif dan dikarantina.

Setidaknya, melansir abcnews, sejak 14 Desember 2021 lalu sebanyak 16 pekerja di Stasiun Kutub Princess Elisabeth telah terjangkit virus tersebut. Namun para pejabat mengatakan, sejauh ini kasus yang terjadi tetap ringan. “Situasinya tidak dramatis,” terang Joseph Cheek, seorang manajer proyek untuk International Polar Foundation.

Meskipun merepotkan karena harus mengarantina anggota staf tertentu yang tertular virus, Cheek mengatakan bahwa hal itu tidak secara signifikan memengaruhi pekerjaan di stasiun secara keseluruhan. ** Baca juga: Tim Peneliti Temukan Jejak Dinosaurus Berusia 200 Juta Tahun di Pantai Inggris

Seluruh staf dan ilmuwan di stasiun penelitian itu ditawari kesempatan untuk berangkat pulang dengan penerbangan terjadwal pada 12 Januari 2021. “Namun, mereka semua menyatakan keinginannya untuk tinggal dan melanjutkan pekerjaan mereka,” kata Cheek.

Berita tentang wabah ini pertama kali dilaporkan dalam judul ‘Belgia Le Soir’. Tes positif pertama dicatat pada 14 Desember tahun lalu, kepada anggota tim yang telah tiba tujuh hari sebelumnya. Mereka dan orang lain yang dinyatakan positif ditempatkan di karantina tetapi virus terus menyebar. Staf yang tiba di stasiun harus divaksinasi dan diuji virusnya.

Stasiun Princess Elisabeth dioperasikan oleh International Polar Foundation dan mulai beroperasi pada 2009. Ini bukan pertama kalinya stasiun penelitian di Antartika terkena dampak wabah virus Corona.

Tahun lalu, sejumlah personel militer Chili yang berbasis di stasiun penelitian Bernardo O’Higgins terinfeksi setelah pelaut di kapal pasokan dinyatakan positif terkena virus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru