oleh

Gawat, Kerap Gunakan Gadget Bikin Orang Malas Berpikir

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika Anda termasuk orang yang ‘kecanduan’ menggunakan gadget, tampaknya harus mempertimbangkan temuan yang satu ini. Sebuah penelitian dari University of Waterloo, Kanada, mengungkapkan bahwa ada hubungan erat antara pemakaian smartphone dengan melemahnya daya berpikir untuk menemukan solusi.

Gordon Pennycook, penulis penelitian, mengatakan bahwa ada beberapa masalah yang solusinya tidak bisa dicari di internet. Dengan kata lain, Anda harus menggunakan akal pikiran serta pemikiran analitis dan logis.

Dalam penelitian ini, dikutip dari Vemale, tes diberikan pada 660 partisipan. Hasilnya, mereka yang termasuk dalam jajaran kurang cerdas ternyata lebih sering menggunakan smartphone saat mencari informasi dibanding yang cerdas atau intelek.

Hal ini karena semua informasi yang dibutuhkan bisa didapat dari internet, sehingga orang tidak repot-repot lagi berpikir atau belajar. ** Baca juga: Tidak Perlu Risih, Tidur Tanpa Busana Bermanfaat untuk Kesehatan

Meskipun demikian, masih terlalu dini jika menyimpulkan bahwa smartphone bisa membuat seseorang menjadi bodoh karena malas berpikir. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui korelasinya lebih dalam.

Namun solusi terbaik agar Anda pun dapat melatih otak adalah dengan mengurangi pemakaian gadget.(ilj/bbs)

Berita Terbaru