Gara-gara Testis Buatan untuk Anjing, Seorang Pria Jadi Miliarder

Gregg Miller.(Odditycentral)

Kabar6-Seorang pria bernama Gregg Miller (64) menjadi seorang miliarder setelah menciptakan Neuticles, implan silikon bagi anjing jantan untuk menggantikan testis setelah dikebiri, sehingga penampilan kelamin anjing tidak berubah.

“Apa yang saya lakukan adalah saya mengembangkan implan testis untuk hewan peliharaan,” kata Miller.

Selama 20 tahun terakhir, melansir Odditycentral, Miller mengklaim dia telah menjual lebih dari 500 ribu set Neuticles. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan Neuticles sebesar Rp4,4 juta. Namun harga dapat berubah sesuai permintaan.

Miller mengaku pernah diminta untuk membuat testis sebesar semangka untuk gajah di kebun binatang, testis itu membutuhkan biaya hingga Rp40 juta.

Miller mengatakan dia dan sekelompok 32 investor lokal menghabiskan lebih dari Rp1,4 miliar untuk mengembangkan Neuticles. “Orangtua saya, yang masih hidup saat itu, mengira saya benar-benar gila,” kata Miller.

Pria itu membangun jaringan dengan dokter hewan hingga bisnis itu akhirnya meledak. “Saya benar-benar mendapatkan sekira 250 hingga 500 permintaan setiap hari,” katanya.

Neuticles paling populer sekarang terbuat dari silikon padat yang bertekstur untuk mencegah pembentukan jaringan parut. ** Baca juga: Kesalahan Ahli Bedah, Pria Ini Dapat Ganti Rugi Belasan Miliar

Namun Miller tidak berniat membuat implan untuk manusia karena biayanya terlalu banyak dan membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan izin FDA. Sementara implan untuk hewan peliharaan tidak memerlukan persetujuan sama sekali.(ilj/bbs)