oleh

Gara-gara Pungli, Kepsek SDN Uwung Jaya Terancam Sanksi

Kabar6-Dinas Pendidikan Kota Tangerang bakal menjatuhkan sanksi tegas bagi Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Uwung Jaya, Madsani, bila terbukti benar melakukan pungli paket buku pelajaran terhadap siswa di sekolah yang dipimpinnya.

“Saat ini, tim dari dinas dan UPTD tengah melakukan kroscek atas protes pungli yang dilontarkan wali murid tersebut. Bila terbukti, tentu pihak yang terlibat akan dijatuhi sanksi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Tabrani, Selasa (29/1/2013).

Menurut Tabrani, saat ini biaya pendidikan bagi siswa diwilayah itu sudah digratiskan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Jadi, siswa tidak lagi dikenakan biaya, termasuk biaya untuk buku paket pelajaran.

Ya, indikasi adanya pungli pada ratusan siswa SDN Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas,  mencuat setelah 100 wali murid sekolah itu menggelar aksi demo spontan dihalaman sekolah pada Selasa (29/1/2013) siang.

Aksi para wali murid pecah sebagai bentuk protes terkait adanya indikasi pungli pada buku paket pelajaran sekolah bersubsidi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sejak tahun 2010 sampai skarang.

Tak hanya orasi, para wali murid bahkan sempat membentangkan beragam poster berisi kecamatan yang ditujukan kepada Kepsek SDN Uwung Jaya, Madsani, yang dianggap ingin memeras murid demi memperkaya diri sendiri.

“Hapuskan pungli di SDN Uwung Jaya. Kembalikan uang buku kami segera. Ganti Kepala Sekolah SDN Uwung Jaya,” teriak Basuki Rahmad, salah satu wali murid yang turut dalam aksi demo tersebut.

Emosi para wali murid mereda, setelah Kepala Sekolah SDN Uwung Jaya, Madsani, menyatakan siap untuk mengembalikan uang sebesar Rp. 95.000 untuk buku LKS tahun 2013 kepada 700 wali murid.

Caranya, Madsani akan mencicil pengembalian uang buku tersebut. Hal itu mengingat jumlah uang buku LKS tahun 2013 yang harus dikembalikan Madsani nilainya cukup besar, mencapai 65,5 juta.

Sementara, terkait protes wali murid atas pungli yang berlangsung sejak tahun 2010 sampai sekarang, akan di kroscek oleh UPTD Kecamatan Cibodas dan kemudian akan ditindak lanjuti sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Dialog antara wali murid dengan pihak SDN Uwung Jaya tersebut juga dihadiri oleh Madsani selaku Kepsek Uwung Jaya, Junaedi selaku anggota DPRD Kota Tangerang, Hj Yani Suryani selaku Kepala UPTD Kecamatan Cibodas, Akhyar Chaerudin selaku Lurah Uwung Jaya.(dani/bad/iqmar/tom migran)

Berita Terbaru