oleh

Gak Nyangka, Anggapan Seperti Ini Ternyata Bisa Bikin Gemuk

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang masuk kategori susah menurunkan berat badan. Padahal, sudah bermacam cara dilakukan, mulai dari menghindari camilan, mengurangi makanan mengandung lemak, bahkan tidak mengonsumsi makanan di atas pukul enam sore.

Namun mengapa berat badan tak kunjung turun? Bisa jadi mungkin Anda mempunyai anggapan ‘salah’ yang jadi kebiasaan, dan justru membuat badan jadi lebar. Dilansir dari Femina, berikut hal yang dimaksud:
 
1. Makanan/minuman serba diet
Menurut penelitian dari San Antonio Heart Study, mengonsumsi makanan serba diet justru memiliki kecenderungan terkena obesitas. Alasannya, kandungan zat pemanis di dalamnya membuat lidah ingin mengecap makanan manis lain, yang dianggap bebas kalori juga. Hal ini membuat Anda secara tidak sadar mengonsumsi makanan manis dalam jumlah besar, sehingga lemak dan kalori menumpuk.
 
2. Lapar mata
Apakah Anda sering merasa tidak lapar, tapi tetep ingin mengunyah? Kebiasaan ini tentu akan membuat berat badan makin bertambah. Ada beberapa solusi agar Anda malas mengunyah, misalnya menyikat gigi sehingga Anda malas ‘mengotorinya’ lagi, atau mengunyah permen karet agar mulut ‘sibuk bekerja’.
 
3. Tidak ngemil sama sekali
Banyak anggapan yang mengatakan bahka ngemil adalah ‘musuh’ bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun Anda pun harus mengetahui bahwa menghentikan kebiasaan ngemil bukan solusi yang tepat.

Alasannya, tubuh memerlukan keseimbangan energi yang didapat dari makanan. Disarankan ngemil tiap 3-4 jam sekali. Ingat, pilih camilan sehat seperti crackers sayur atau buah apel, dan hindari makanan manis.
 
4. Belanja makanan dalam jumlah banyak
Dari segi ekonomi, belanja sekaligus dalam jumlah besar memang lebih menguntungkan. Namun makanan yang melimpah justru akan membuat nafsu makan cenderung meningkat. Disarankan untuk membeli makanan sesuai kebutuhan atau porsi makan Anda.
 
5. Kebiasaan pakai leggings
Celana leggings yang dianggap bisa mengencangkan paha, sebenarnya justru ‘melumpuhkan’ dan melemahkan gerak otot. Hasilnya? Paha menjadi menggelambir. ** Baca juga: Ladies, Skinny Jeans Bisa Sebabkan Dampak Serius Bagi Kesehatan Lho

Nah, anggapan mana yang sering menjadi kebiasaan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru