oleh

Gagalnya Arief-Sachrudin di Pilkada Rugikan WH

Kabar6-Kerap disebut-sebut sebagai penyebab gagalnya pasangan arief Wismansyah-Sachrudin manggung di Pilkada Kota Tangerang, Walikota Tangerang Wahidin Halim (WH) akhirnya kembali buka suara.

 

Walikota yang dikenal tegas, nyentrik namun lucu itu memastikan bahwa gagalnya pasangan arief-Sachrudin di Pilkada disebabkan karena Sachrudin tidak menempuh prosedur dalam proses pengunduran dirinya sebagai PNS.

 

“Prosedur yang ditempuh Sachrudin tidak sesuai aturan. Seharusnya Sachrudin mengajukan pengunduran diri dulu ke Walikota, baru kemudian mendaftar ke KPUD. Tapi yang dilakukan Sachrudin justru sebaliknya,” ujar WH.

 

Prosedur pengunduran diri secara administratif itu, kata WH, telah dijelaskan dalam Peraturan BKN No 10 Pasal 2 ayat 1. Bahwa yang bersangkutan seharusnya mengajukan surat opengunduran dirinya melalui sekretaris daerah (Sekda), setelah sekda menandatangani baru diusulkan kepada Walikota.

 

“Awalnya saya diamkan semuanya, tapi isu dan pemberitaan lama-lama semakin merugikan dan mendiskreditkan saya. Opini yang dibentuk seolah-olah biang keladi dari semuanya peristiwa itu adalah Walikota,” ungkapnya.

 

Ditanya tentang kebenaran kabar bahwa WH telah dipanggil Presiden SBY terkait persoalan gagalnya Arief-Sachrudin di Pilkada Kota Tangerang, WH membantahnya.

“Ada sih undangan, tapi untuk buka bersama dengan pak SBY di Cikeas, Bogor,” kata WH kepada wartawan, Senin (29/7).

 

Terpisah, Sekda Kota Tangerang, Hary Mulya Zein mengatakan prosedur pengunduran diri sachrudin secara administratif bertolak belakang dengan Peraturan BKN No 10 Pasal 2 ayat 1.

 

Bahwa yang bersangkutan (Sachrudin) seharusnya menempuhnya administrasi pengunduran diri melalui Sekda. Setelah sekda menandatangani, baru diusulkan kepada walikota.

 

”Pak walikota sudah benar tidak tanda tangan, justru kalau tanda tangan menyalahi aturan. Seharusnya sachrudin ajukan ijin melalui saya. Tapi sampai detik hari ini pun sampai waktu lewat dia tidak mengajukan pengunduran diri. Saya atasannya,” kata Hary.(tmn/arsa/tom migran)

Berita Terbaru