Francois Diklaim Sebagai Tempat Terpencil di Dunia

kabar6.com
Kota Francois di Newfoundland & Labrador.(Flickr)

Kabar6-Jika Anda adalah tipe orang yang tidak menyukai keramaian dan lebih memilih tempat-tempat yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tampaknya Francois dapat menjadi pilihan untuk berlibur.

Francois yang terletak di Newfoundland dan Labrador, seperti dilansir Dailymail, diklaim sebagi tempat paling terpencil di dunia. Di sana tidak ada mobil, rumah sakit, bar atau restoran. Kota kecil ini berada di sebuah teluk, wilayah paling timur Kanada, yang hanya bisa diakses dengan kapal. Penduduk setempat tidak memiliki jalan yang mulus, bahkan mereka harus berjalan di tempat yang curam.

Jumlah penduduknya hanya 75 jiwa, sehingga sebagian besar dari mereka saling mengenal. Kota terdekat berjarak sekir 160 mil laut yaitu St John’s. Kabut tebal juga kerap menyelimuti kota kecil ini setiap hari.

Kota ini memiki fasilitas sekolah yang hanya memiliki sekira 10 anak, mulai dari TK hingga kelas 12. Disebutkan, sumber mata pencaharian utama penduduk Francois adalah memancing. Orang-orang pergi untuk menangkap kepiting, lobster dan ikan cod, sementara para wanita tinggal di rumah dan menyimpan barang-barang dari kapal.

Dikatakan seorang penduduk lokal, kini semakin sulit untuk mempertahankan kaum muda di Francois, dan mereka kerap pergi ke Kanada, karena lebih banyak kesempatan kerja sekaligus memperoleh pasangan. ** Baca juga: Gara-gara Punya Rambut Panjang, Pria Ini Dipecat dari Tempatnya Bekerja

Meskipun terpencil, kota ini memiliki pesona alam indah, dengan orang-orang yang hangat dan ramah.(ilj/bbs)