oleh

Foto Kentang Karya Fotografer Asal Irlandia Laku Sekira Rp14 Miliar

Kabar6-Sebuah foto kentang yang terlihat biasa saja ternyata laku terjual seharga Rp14,8 miliar. Foto berjudul ‘Potato #345 (2010)’ itu merupakan karya fotografer asal Irlandia bernama Kevin Abosch.

Diketahui, Abosch adalah seorang fotografer ternama yang sering memotret orang-orang terkenal dengan tarif mahal. Selain itu, ia juga merupakan fotografer seni rupa.

Foto kentang tersebut, melansir irelandcalling, berlatar belakang warna hitam atau disebut sebagai ‘Iconic Black Backdrop’, melambangkan simbol status di antara pelaku bisnis dan kalangan elite. Foto kentang ini ini memiliki tiga bentuk cetak. Satu disimpan untuk koleksi pribadinya, foto kedua disumbangkan kepada museum seni di Serbia, sedangkan foto ketiga jatuh ke tangan pengusaha Eropa yang membelinya.

Diceritakan Abosch, saat itu ia sedang menikmati wine bersama seorang pengusaha Eropa. Entah mengapa, mendadak si pengusaha tersebut mengatakan bahwa ia sangat menyukai foto kentang miliki Abosch.

Akhirnya, pengusaha itu memutuskan untuk membeli foto kentang tadi dengan harga fantastis. Abosch sendiri mengaku tidak yakin terhadap keistimewaan foto kentang itu dibanding hasil karya miliknya yang lain. ** Baca juga: Nyawa Jadi Taruhan, 5 Ritual Memanggil Arwah dari Berbagai Penjuru Dunia

Berkat foto tersebut, Abosch pun diundang ke Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, beberapa waktu lalu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru