oleh

Fosil Buaya Raksasa ‘Raja Rawa’ Ditemukan di Australia

Kabar6-Sebuah fosil buaya raksasa ditemukan para ilmuwan di Queensland tenggara, Australia, pada 1980-an silam. Fosil ini diperkirakan memiliki panjang lebih dari lima meter.

Fosil tersebut, melansir sciencedaily, kini secara resmi diidentifikasi dan diberi nama Paludirex vincenti, atau dikenal sebagai ‘Raja Rawa’, dengan tengkorak berukuran sekira 65 cm.

“Buaya terbesar saat ini adalah buaya Indo-Pasifik, Crocodylus porosus, yang tumbuh dengan ukuran yang hampir sama,” kata Jorgo Ristevski, ilmuwan dari Sekolah Ilmu Biologi Universitas Queensland.

Ditambahkan Ristevski, Paludirex memiliki tengkorak yang lebih lebar dan lebih berat sehingga mirip dengan buaya Indo-Pasifik yang disuntikkan steroid. ** Baca juga: Satu Keluarga di Bangladesh Tak Punya Sidik Jari Akibat Mutasi Genetik

Namun para ahli masih menyelidiki bagaimana buaya kolosal yang memiliki ukuran sebesar ini bisa punah. Diduga, adanya tantangan dari spesies buaya lain, seperti Crocodylus porosus dan Crocodylus johnstoni yang masih ada hingga saat ini.

Faktor lain juga mencakup perubahan iklim yang mengering sehingga membuat saluran air tidak lagi dapat dihuni oleh buaya sebesar itu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru