oleh

Fokus Rawat Kulit Saat Memasuki Usia 40 Tahun

Kabar6-Tidak dapat dipungkiri, saat memasuki usia 40 tahun maka kondisi tubuh akan berubah. Anda sering merasa cepat lelah, dan stamina tidak sekuat pada saat berusia 20-an tahun.

Apabila tidak menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, Anda akan rentan terhadap penyakit, termasuk perubahan pada kulit yang tidak sehalus dan sekenyal dulu. Kulit akan terasa lebih kering dan muncul garis-garis halus pada wajah, yang sebenarnya sudah bisa terlihat sejak usia 30-an tahun. Garis-garis wajah tersebut bisa terlihat di area dahi, pelipis, pipi atas, dan di sekitar mulut.

Seorang dokter kulit dari Beverly Hills bernama Dr. Jennifer Herrmann, melansir Orami, mengungkapkan tanda penuaan yang terlihat di wajah saat berusia 40 tahun. “Tanda-tanda penuaan kulit pertama kali terlihat pada usia 30-an dan semakin nyata saat berusia 40 tahun. Ada garis-garis halus di sekitar mata, peningkatan pigmentasi, tekstur kulit yang semakin buruk, dan garis senyum yang lebih dalam,” urainya.

Perubahan kondisi kulit tersebut memang tidak bisa dihindari, namun perawatan yang tepat akan menjaga kekenyalan kulit lebih lama dan menjaga agar kulit tetap sehat di usia yang menua.

“Sebaiknya perawatan kulit yang dilakukan berfokus kepada meningkatkan produksi kolagen, memudarkan hiperpigmentasi, dan menjaga agar kulit tetap terasa kenyal,” saran Dr. Herrmann.

Selain perawatan wajah dari luar, cara menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh dapat melalui makanan yang dikonsumsi. Batasi kebiasaan mengonsumsi junk food dan fast food. Perbanyak minum air putih dan konsumsi lemak sehat agar kulit tetap terhidrasi dengan baik dan tubuh juga sehat.

Ada sejumlah perawatan yang bisa dilakukan di rumah saat sudah memasuki usia 40 tahun, antara lain adalah:

1. Rutin memakai tabir surya setiap hari. Pastikan memiliki SPF minimal 30 untuk menjaga kulit dari paparan sinar ultra violet dan mencegah hiperpigmentasi lebih banyak di wajah.

2. Kulit akan semakin mengering di usia 40-an karena penurunan estrogen. Untuk itu, Moms memerlukan lebih banyak pelembap. Gunakan produk yang mengandung hyaluronic acid, khusus kulit sensitif, dan bebas pewangi.

3. Memakai krim mengandung retinoid yang membantu meningkatkan produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, dan mengurangi garis-garis halus di wajah.

4. Mulai pakai produk perawatan kulit mengandung vitamin C untuk memudarkan bintik-bintik gelap karena hiperpigmentasi. Namun kalau kulit Anda sangat sensitif, ada bahan yang lebih lembut dan bisa dicoba seperti azelaic acid dan asam kojic.

5. Memakai krim khusus untuk mata agar mencegah kerutan di area mata dan menghindari lingkaran di bawah mata. Hindari menggosok area mata terlalu kuat karena area ini tipis dan sensitif.

6. Hindari mengeksfoliasi wajah secara berlebihan karena dapat meningkatkan iritasi kulit dan membuat wajah semakin kering yang mengakibatkan penuaan lebih cepat terjadi.

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah, hal ini memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar wajah tidak terlihat kusam.

7. Jerawat dapat masih bermunculan karena masalah hormonal. Namun Anda bisa mencoba obat luar untuk mengatasi jerawat yang muncul. ** Baca juga: Ketahui Bahaya Hirup Asap Rokok yang Menempel pada Sejumlah Benda

Seimbangkan pula dengan waktu istirahat yang cukup dan hindari begadang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru