Fobia Juga Disebabkan Karena Faktor Keturunan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Namun belum banyak yang mengetahui bahwa salah satu faktor risiko yang dapat menimbulkan fobia adalah faktor keturunan atau koneksi keluarga. Melansir Webmd, meskipun fobia lebih sering dipengaruhi oleh budaya dan dipicu oleh hal-hal yang terjadi dalam hidup, faktor terbesar timbulnya fobia dalam diri seseorang adalah sejarah keluarga.

Seseorang yang memiliki sejarah keluarga dengan fobia, tiga kali lebih mungkin terkena fobia dibandingkan seseorang yang anggota keluarganya tidak memiliki fobia. Nah, cara terbaik yang dapat digunakan untuk mengobati seseorang yang menderita fobia adalah dengan menciptakan ulang kondisi menyerupai apa yang ditakutkan. Seiring waktu, fobia ini dapat dikurangi karena rasa percaya diri dapat terbangun dengan baik. ** Baca juga: Kandungan Lemak dalam 5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan

Selain itu, menghilangkan fobia pada diri seseorang dapat dilakukan melalui terapi komunikasi. Dengan demikian, seseorang yang menderita fobia dapat bertukar pikiran dan menyampaikan apa yang ada dalam pikirannya. Kedua terapi ini dapat menyembuhkan seseorang dari fobia hingga 90 persen.(ilj/bbs)