oleh

FKDM Garda Terdepan Monitoring Kondusifitas Tangsel

Kabar6-Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diharapkan bisa kerja optimal ikut amankan daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Walikota Airin Rachmi Diany usai melantikan jajaran pengurus di gedung aula, kantor Kecamatan Pamulang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangsel, Salman Fariz usai menghadiri acara pelantikan 16 pengurus FKDM ingin mereka mampu terlibat langsung dalam pengawasan dan pengamanan lingkungan.

Secara intens menjalin komunikasi lintas sektoral diberbagai institusi  lantaran ini sudah banyak kantor-kantor vertikal berdiri di daerah.

“FKDM merupakan wadah menjaga kondusifitas lingkungan serta ikut mengamankan jika terjadi bencana alam, dan turut evakuasi,” katanya, kemarin

FKDM telah diintruksikan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarkat di Daerah.

Regulasi dibuat dalam rangka mewaspadai potensi sedini mungkin di daerah masing-masing. Maka secara tegas betapa pentingnya unsur pengamanan di tengah masyarakat.

“Maka melalui dasar hukum sudah sepatutnya harus dikembangkan dengan baik dan mefungsikan secara maksimal, menuju Tangsel aman,” terang Salman.

Menurutnya, semua hasil laporan dari jajaran dibawah seperti FKDM, TNI/Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan menjadi catatan untuk mengambil kebijakan.

Pimpinan daerah sangat membutuhkan kontribusi informasi yang berkembang dimasyarakat dengan tujuan kondisivitas berkelanjutan.

“Maka semua data yang dihimpun, harus dilaporkan kepada kami untuk menjadi pertimbangan saat membuat regulasi dan kebijakan-kebijakan pemerintahan,” terang Salman

Tanpa ada keterlibatan unsur masyarakat keamanan tidak dapat dijamin secara mutlak. Ujung FKDM sebagai ujung tombak informasi yang berkembang ditengah masyarakat. Sehingga jika terjadi potensi yang menganggu keamanan dapat terdeteksi secapat mungkin.

“Kami menyadari, untuk menjaga keamanan harus semua unsur terlibat. Sangat beruntung meski pelantikan baru diadakan saat ini, sedangkan Surat Keputusan  keluar  sejak setahun yang lalu namun kegiatan sudah berjalan hingga kini. Ini sangat bagus kami ucapkan terima kasih,” papar Salman.

Dalam kegiatan pelantikan, berbagai unsur ikut hadir, perwakilan dari Polsek Pamulang, Polres Tangsel, TNI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) serta Kesatuan Bangsa Politik dan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Tangsel.

Sementara itu Ketua FKDM Kota Tangsel, Musa menyebut dirinya bersama teman-teman terus lakukan komunikasi dan pengamatan di setiap wilayah.

Dari total pengurus itu dibagi setiap kecamatan kerjasama dengan RT dan RW serta lurah dan para camat.

“Kami sudah melaksanakan tugas sejak setahun silam. Melakukan monitoring pengawasan dini disetiap lingkungan untuk menjaga keamaan dan ketertiban kawasan Tangsel,” sebutnya.

H Musa sebagai ketua, didampingi Sekretaris Kholid dan bendahara Rohim menyubut tahun ini baru tingkat kota. Kedepan akan diperluas tingkat kecamatan dan kelurahan agar dapat merata dan lebih kompak.

“Memang saat ini baru tingkat kota saja, seiring berjalanya waktu akan diperbanyak anggotanya untuk tingkat kecamatan dan kelurahan,” paparnya.(adv)

Berita Terbaru