Finlandia Berniat Hilangkan Semua Mata Pelajaran dari Kurikulum Sekolah

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Diakui, Finlandia menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, dan selalu berada dalam posisi 10 besar. Kini, negara yang terletak di Eropa Utara, serta anggota dari Uni Eropa tersebut sedang berupaya untuk melakukan perombakan besar-besaran dalam sistem edukasi mereka.

Ya, Finlandia berniat menghilangkan semua mata pelajaran dari kurikulum sekolah mereka. Dikutip Intisari, perombakan itu dijelaskan Marjo Kyllonen, Menteri Departemen Pendidikan Finlandia, berarti tidak akan ada lagi mata pelajaran fisika, matematika, bahasa, sejarah, atau geografi.

Sejak 1900-an, sekolah di sana mengajar dengan cara yang tradisional. Kini, kebutuhan sudah berubah, dan siswa akan diajari untuk melihat satu fenomena dengan pendekatan interdisipliner.

Misalnya saja Perang Dunia II (PD 2) akan dilihat dari perspektif sejarah, geografi, dan matematika. Lalu, siswa juga bisa mengambil kursus ‘Bekerja di Café’ untuk menyerap semua ilmu tentang bahasa, ekonomi, dan komunikasi.

Namun konsep ini tidak akan diterapkan untuk semua jenjang usia, karena baru mulai diterapkan ketika siswa sudah berusia 16 tahun. Ide dari konsep ini adalah membiarkan siswa memilih topik atau fenomena tertentu yang ingin dipelajari. ** Baca juga: Hanya Demi Sebotol Anggur, Pria Ini ‘Terobos’ Toko Gunakan Kendaraan Lapis Baja

Benar-benar sistem pendidikan yang sudah maju.(ilj/bbs)