Fenomena Aneh, Ratusan Paus Terdampar di Pesisir Pantai Australia

Ratusan paus yang terdampar.(theatlantic)

Kabar6-Ada fenomena aneh yang terjadi di pantai Australia. Sekira 150 paus ditemukan terdampar oleh seorang nelayan di Hamelin Bay, sekira 300 km selatan Perth, Ausralia.

Menurut pihak berwenang Western Australian (WA), separuh dari ratusan paus yang terdampar itu, melansir theatlantic, sudah mati. Pihak konservasi telah mencoba menyelamatkan paus yang masih hidup di pesisir pantai. Diduga bahwa mungkin paus-paus ini terdampar di pantai karena kesalahan navigasi.

“Kondisi cuaca yang berangin dan basah mempengaruhi paus berpindah di lautan,” kata Jeremy Chick, dari Departemen Keanekaragaman Hayati. The Australian Broadcasting Corporation melaporkan bahwa puluhan penyelamat berada di pantai.

Pihak berwenang juga mengeluarkan peringatan bahaya hiu, memperingatkan orang untuk menjauh dari daerah yang berbahaya. Dalam sebuah pernyataannya, departemen perikanan negara mengatakan, “Ada kemungkinan hewan mati dapat menyebabkan hiu mendekat ke pantai.”

Paus terdampar yang dikenal dengan nama Paus-pilot Sirip-pendek (Globicephala macrorhynchus)vini biasanya berukuran hingga lima meter, dan ditemukan di perairan tropis dan sub-tropis. ** Baca juga: Pigmen Merah Muda Cerah Disebut Sebagai Warna Tertua di Dunia Berusia 1,1 Miliar Tahun

Para ilmuwan tidak tahu persis apa yang menyebabkan paus terdampar ke pantai. Dikatakan para ahli, fenomena ratusan paus terdampar dapat terjadi ketika ikan paus sakit, terluka, atau membuat kesalahan bernavigasi.(ilj/bbs)