oleh

Fasilitas dan Kebersihan Pantai Anyer Dikeluhkan Pengunjung

Kabar6-Liburan terakhir dari cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berekreasi.

Salah satu destinasi tujuan wisata para pelancong lokal adalah di kawasan Pantai Anyer, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Pantauan kabar6.com, obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan domestik yakni di Pantai Pasir Putrih Sirih. **Baca juga: Hari Ini, Wisatawan Banjiri Pantai Sawarna.

Letaknya hanya sekitar 300 meter dari Hotel Marbella, Anyer. Sejak pagi ribuan orang sudah memadati area wisata ini untuk menikmati wisata air.

“Saya sekeluarga naik satu mobil pribadi dikenakan retribusi masuk sebesar Rp75 ribu,” terang Windy Aryani (38), warga asal Manggarai, Jakarta Selatan ditemui di lokasi, Selasa (21/7/2015).

Meski begitu ia memberikan catatan penting kepada pengelola obyek wisata di Pantai Anyer. Melonjaknya jumlah pengunjung tidak diantisipasi dengan penambahan jumlah petugas kebersihan.

Windy jelaskan, petugas kebersihan yang bertugas di area pantai relative sedikit. Kondisi tersebut tidak berimbang dengan prilaku pengunjung yang mau menjaga kebersihan area pantai. Pengunjung banyak yang membuang sampah sembarangan.

“Itu mas lihat saja, sampah berserakan dimana-mana. Bahkan banyak sampah yang sampai terbawa ombak. Kelihatannya ini pantai jadi enggak bersih,” jelasnya.

Rupanya tak cukup hanya sampai itu saja keluhannya. Windy mengaku bingung saat bilas menggunakan fasilitas kamar mandi yang disediakan oleh pengelola.
Ia mesti merogoh kocek sebesar Rp3 ribu per orang untuk membilas tubuhnya dari air laut dan pasir.

“Air di kamar bilas minim sekali. Kedepannya pengelola masih harus memperbaiki fasilitas pelayanan. Sayang kalau obyek wisata bagus seperti ini enggak dikelola dengan baik,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru