oleh

Fantastis, Harga 5 Kopi Ini Bisa Bikin Kantong Jebol

Kabar6-Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum adalah Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica). Sejarah mencatat, penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekira 3.000 tahun (1.000 SM) yang lalu.

Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Nah saat ini, terdapat lima jenis kopi yang harganya disebut fantastis. Melansir Beautynesia, ini lima kopi yang dimaksud:

1. Kopi Black Ivory
Kopi yang menduduki harga termahal di dunia ini berasal dari kotoran gajah. Ya, kopi berjenis arabica ini diproses dari kotoran gajah di bagian utara Thailand.

Keunggulan kopi ini terjadi akibat proses pencernaan si gajah. Berkat enzim dalam perut serta proses pencernaan yang lambat, Black Ivory hadir dengan cita rasa kopi yang lembut dan ranum.

Alasan lain yang membuat harganya selangit adalah tingkat kesulitan mendapatkan biji kopi yang utuh karena kebiasaan gajah mengunyah kopi tersebut. Harga Black Ivory ini bisa mencapai Rp7 juta hingga Rp21 juta per 400 gram.

2. Hacienda La Esmeralda
Kopi ini berasal dari Panama. Harganya bisa mencapai Rp4 jutaan per 400 gram. Harga fantastis itu disebabkan tingkat kesulitan untuk menanam dan mengolahnya.

3. Kopi Luwak
Kopi ini juga memiliki proses yang sama dengan Black Ivory. Hal yang membuat harga kopi ini melambung karena metode pembuatannya yang unik dan tergolong sulit.

Biji kopi ini didapatkan dari proses fermentasi yang ada di dalam pencernaan Luwak, binatang yang gemar makan buah kopi. Hal ini pun menciptakan aroma dan rasa yang sempurna di kalangan para penikmat kopi dunia. Kopi Luwak dijual dengan harga sekira Rp2 juta per 400 gram.

4. Kopi St. Helena
Kopi ini dijual dengan harga sekira satu jutaan. Harga kopi yang mahal berasal dari proses pembuatannya. Kopi ini harus dijemur selama empat bulan terlebih dahulu hingga kering. Keunggulan lainnya adalah cita rasa fruity dan floral menyerupai caramel dan citrus.

5. Kopi Molokai
Kopi ini berasal dari pulau Hawaii yang terkenal sebagai salah satu wisata dunia yang sangat indah. Menariknya, iklim dan kondisi tanah Hawaii ini sangat baik buat menghasilkan biji kopi yang bagus.

Kopi Molokadi yang ditanam di daerah Kualapu’u dengan luas mencapai 460 hektare. Kopi ini dibanderol seharga sekira Rp700 ribuan per 400 gram. ** Baca juga: Video UFO yang ‘Bocor’ Diakui Angkatan Laut AS Memang Asli

Tingkat kesulitan memang mempengaruhi harga kopi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru