oleh

Fakta Unik Tradisi Tahun Baru di Eropa

Kabar6-Pada pesta perayaan tahun baru, beberapa kelompok masyarakat Eropa yang masih tradisional memilih untuk memegang teguh tradisi tahun baru mereka yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Tradisi tersebut berhubungan dengan kepercayaan lokal. Melansir MSN, berikut adalah fakta unik tradisi tahun baru di Eropa:

1. Romania
Pada pagi hari di tahun baru, petani Romania akan berusaha mendengarkan hewan-hewan mereka berbicara. Jika berhasil, maka mereka akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru. Para petani Romania percaya bahwa hewan-hewan akan memiliki kemampuan untuk bicara hanya pada 1 Januari.

Namun pembicaraan hewan tersebut hanya perlu didengarkan dan tidak boleh ditafsirkan. Jika petani berhasil menafsirkan pembicaraan hewannya, maka keberuntungan akan pergi darinya.

2. Moldova
Ada tradisi di Moldova, di mana orang-orang akan melakukan tarian beruang pada malam tahun baru. Di zaman sekarang, ada penari-penari yang memakai kostum beruang sementara anak-anak memakai kostum anak beruang.

Namun pada zaman dahulu, beruang hidup benar-benar terlibat dalam ritual ini di mana beruang dianggap sebagai hewan yang sakral. Tarian beruang tersebut dipercaya akan membersihkan dan menyuburkan tanah untuk tahun yang akan datang.

3. Belarusia
Para wanita di Belarusia yang masih lajang memainkan sebuah permainan tradisional yang bertujuan untuk memprediksi siapa yang akan menikah di tahun yang akan datang. Untuk bermain, para peserta harus berbaris dan di depannya akan diletakkan tumpukan jagung. Seekor ayam jantan akan dilepas. Wanita pertama yang jagung di hadapannya dimakan oleh ayam tersebut akan menjadi yang pertama menikah.

Sementara pada permainan lainnya, wanita yang sudah menikah akan menyembunyikan beberapa objek di rumahnya untuk ditemukan oleh teman wanitanya yang belum menikah. Jika ia menemukan roti, maka ia akan menikahi suami yang kaya. Dan jika ia menemukan cincin, maka ia akan menikahi suami yang tampan.

4. Italia
Italia punya beberapa tradisi unik untuk menyambut tahun baru. Di antaranya adalah makan lentil yang menandakan uang dan memakai celana dalam merah untuk menarik keberuntungan datang. Namun tradisi yang mungkin paling aneh adalah melemparkan panci, penggorengan, dan pakaian keluar melalui jendela rumah. Ritual ini dilakukan sebagai simbol untuk membiarkan masa lalu lewat dan menyambut masa depan.

5. Belgia
Di negara kecil Belgia, untuk memastikan keadaan keuangan yang aman di tahun mendatang, seseorang harus mengikuti ritual-ritual tahun baru. Mulai dari makan kubis, bernyanyi untuk tetangga-tetangga, dan yang paling penting adalah pergi ke peternakan untuk mengucapkan selamat tahun baru ke kuda, sapi, babi, dan hewan-hewan lainnya.

6. Denmark
Masyarakat Denmark tidak boleh membanting piring di rumah sendiri. Mereka harus pergi ke rumah temannya dan membanting piring di depan pintu rumah mereka. Rumah yang dipilih pun harus rumah seseorang yang benar-benar dianggap teman. Kegiatan ini seperti kontes popularitas. Seseorang bisa melihat seberapa populer dirinya dari banyaknya pecahan piring di depan rumahnya. ** Baca juga: Inemuri, Tradisi Tidur di Mana Saja Masyarakat Jepang

7. Irlandia
Pada tahun baru, masyarakat di Irlandia harus memperhatikan arah mata angin. Jika angin bertiup dari arah barat, maka mereka percaya akan mendapatkan keberuntungan di tahun yang baru. Namun jika angin bertiup dari arah timur, negara tetangga mereka, yaitu Inggris-lah yang akan beruntung. Tradisi lainnya adalah memukul pintu dan tembok rumah dengan roti untuk mengusir nasib buruk ke luar rumah dan mengundang keberuntungan masuk.

Bagaimana dengan tradisi di daerah Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru