oleh

Fakta Seputar Jus untuk Kesehatan

Kabar6-Salah satu cara untuk mendapatkan nutrisi terbaik adalah melalui sayuran dan buah-buahan. Sayangnya, tidak semua orang gemar mengonsumsi kedua jenis makanan sehat tersebut.

Cara termudah untuk mendapatkan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan tadi adalah dengan cara dibuat jus. Namun, melansir WebMd, disarankan untuk tidak hanya mengandalkan jus sebagai satu-satunya sumber sayuran dan buah-buahan. Meskipun jus yang dikonsumsi berisi buah dan sayuran, lebih baik mengonsumsi sayur dan buah-buahan selain jus. Hal ini karena pada proses pembuatan jus tersebut, kulit buah tidak diikutsertakan sehingga kandungan vitamin dan mineral pun ikut berkurang.

Disarankan untuk mengonsumsi dua butir buah dan 3-4 porsi sayuran setiap harinya. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang beragam warnanya, dengan demikian kandungan vitamin dan mineral yang didapat pun berbeda. Seperti halnya makanan lainnya, jus pun mengandung kalori dan gula. Sebutir buah berukuran sedang dapat mengandung 60 kalori. Secangkir sayuran mengandung 25 kalori, dan tiga cangkir sayuran hijau mengandung sekira 25 kalori.

Setiap jenis jus memiliki jumlah kalori yang berbeda-beda. Jika ingin mengurangi jumlah kalori dalam jus, kurangilah jumlah buah yang Anda gunakan dan perbanyaklah sayuran, karena sayuran mengandung kalori yang lebih sedikit. Bila ingin menambahkan kandungan protein dalam jus, Anda dapat menambahkan susu atau yoghurt ke dalamnya.

Sementara itu ada yang beranggapan bahwa dengan mengonsumsi jus, nutrisi penting pada sayur dan buah-buahan akan lebih cepat terserap. Namun nutrisi pada makanan yang telah melalui proses pengolahan tentu berbeda dengan mengonsumsi sayur dan buah seutuhnya.

Meskipun banyak diet yang menggunakan jus sebagai pengganti makanan, jangan biarkan Anda hanya mengonsumsi jus selama seharian penuh. Hal ini mungkin dapat membuat berat badan anda turun untuk sementara waktu, tapi diet yang terlalu ketat dapat membuat Anda kehilangan kendali dan justru mengalami peningkatan berat badan yang lebih banyak daripada sebelumnya.

Selain itu, bila Anda hanya mengonsumsi jus, tubuh akan mengalami kekurangan protein dan bila hal ini berlangsung cukup lama. Bahkan, Anda dapat mengalami penurunan massa otot. ** Baca juga: Jumlah Kalori yang Sebaiknya Dikonsumsi Tiap Hari untuk Turunkan Berat Badan

Banyaknya anggapan bahwa mengonsumsi jus merupakan salah satu cara detoksifikasi tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan berbagai zat racun dari dalam tubuh. Namun belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hal ini. Diketahui, ginjal dan hati akan tetap melakukan proses detoksifikasi dengan atau tanpa jus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru