oleh

Fakta Seputar Cuaca dengan Warna Hitam dan Putih

Kabar6-Hitam dan putih menjadi warna favorit dan paling banyak dipilih orang, entah itu untuk baju, variasi cat rumah, bahkan dalam pemilihan perabot. Ya, selain terkesan elegan, kedua warna itu memang mudah dipasangkan dengan warna lain.

Khusus untuk pakaian, banyak orang menganggap bahwa hitam bukanlah salah satu warna yang tidak menyerap panas. Menggunakan pakaian hitam saat cuaca panas tidak akan mendinginkan tubuh Anda, malah membuatnya semakin panas.

Hal ini karena objek berwarna hitam biasanya menyerap semua cahaya dan tidak memantulkannya kembali. Jadi ketika berada di bawah terik matahari dan menggunakan pakaian berwarna hitam, Anda akan merasa lebih panas.

Namun, melansir Hellosehat, sebuah penelitian mempelajari bahwa jubah hitam tebal yang dikenakan oleh beberapa suku di padang pasir justru tidak mempengaruhi suhu tubuh mereka.

Ternyata, kuncinya ada pada ketebalan pakaian tersebut. Lapisan luar pada pakaian hitam yang tebal menyerap lebih banyak panas, sehingga jumlah panas akan semakin berkurang ketika mencapai kulit.

Selain pakaian hitam, ada beberapa orang menyarankan pakaian berwarna putih atau terang karena dapat mendinginkan tubuh lebih cepat saat cuaca panas.

Hal ini karena putih merupakan warna yang tidak menyerap panas. Akibatnya ketika dipakai di bawah terik matahari, panas dari cahaya matahari tidak sampai ke tubuh Anda.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini untuk membuktikan apakah pakaian berwarna putih benar-benar dapat mendinginkan tubuh manusia saat cuaca panas. ** Baca juga: Jangan Remehkan, Perubahan Iklim Bisa Sebabkan Depresi Musiman

Pilihan warna pakaian sebenarnya bisa mendinginkan suhu tubuh manusia, tetapi tidak memiliki pengaruh yang begitu besar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru