oleh

Fakrab: Golput Juga Bagian dari Pilihan

Kabar6-Front Aktivis Rakyat Banten (Fakrab) menilai Golongan Putih (Golput) alias tidak menyalurkan pilihan pada Pemilu 2019 juga merupakan bagian dari pilihan.

“Memilih adalah hak bukan kewajiban. Jadi Golput juga pilihan,” kata Divisi Kebijakan Publik Fakrab, Agip Aqsa dalam keterangan tertulis, Senin (8/4/2019).

Penegasan Golput juga pilihan kata Aqsa berdasarkan penilaian sebagian kalangan bahwa Pemilu 2019 bukanlah Pemilu rakyat, melainkan Pemilu oligarki.

“Karena tidak ada partai dan calon yang berasal dari rakyat yang bisa diharapkan memperjuangkan kepentingan rakyat,” ujarnya.

Bagi elit-elit oligarki yang bertanding dan para pendukungnya, Golput dianggap sebagai ancaman. Berbagai cara dilakukan untuk membendung Golput, mulai dari melontarkan wacana yang persuasif, bullying sampai dengan intimidasi untuk mempidana sikap ini.

Menurutnya, landasan yang disalahgunakan untuk mengancam Golput dengan pidana adalah Pasal 515 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Sbenarnya bukan melarang golput, tapi melarang money politics yang kadang justru dan sudah menjadi rahasia umum sering mereka lakukan,” ujarnya.

Kata dia, Golput karena merasa tidak ada pilihan maupun yang memilih salah satu elit karena alasan lesser evil―memilih yang agak baik untuk mencegah yang terburuk―sebetulnya menyimpan aspirasi yang sama, yaitu keinginan agar ada pilihan yang lebih baik (the greater good).

“Yang Golput tidak akan golput jika ada pilihan yang lebih baik, dan yang lesser evil tidak akan memilih lesser evil jika ada pilihan yang lebih baik,” sebutnya.

Hanya saja menurut Fakrab, pilihan the greater good tersebut tidak ada. Publik disuguhkan oleh kontestan yang sama-sama ditopang oleh oligarki dan pemodal.**Baca Juga: Kenakan Kebaya, Makan di HSPB Dapat Harga Spesial.

“Meski dengan kekhususannya sendiri, sama-sama ditopang oleh pemodal korup penjarah sumber daya publik, anarsir fundamentalisme, pemodal pro- pasar dan para penganut chauvinis,” tegasnya.(Nda)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru