oleh

Esa Unggul CitraRaya Gelar Pelatihan dan Pendampingan UMKM

Kabar6-Universitas Esa Unggul Kampus II Citra Raya Tangerang, menggelar acara Pengabdian pada masyarakat di lingkungan RW 04, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, dengan tema “Pelatihan dan Pendampingan UMKM dalam Rangka Keberlangsungan Usaha”, Sabtu (18/1/2020).

Acara tersebut diikuti oleh Para peserta UMKM RW 04, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang. Direktur Kampus Citra Raya Tangerang, Dihin Septyanto mengatakan, Esa Unggul Kampus Citra Raya Tangerang merasa perlu meningkatkan peranannya dalam membantu keberlangsungan UMKM, khususnya daerah Kabupaten Tangerang, salah satunya melalui Pelatihan pengelolaan UMKM ini.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi usaha yang masih besar dan peluang yang masih sangat luas bagi UMKM dan kegiatan UMKM ini masih dianggap sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kesejahteraan hidup terutama bagi masyarakat desa Ciakar.

Bertempat di Gedung K, Universitas Esa Unggul Kampus Citra Raya Tangerang,
Dihin juga mengatakan, perlu peranan universitas dalam meningkatkan UMKM di Indonesia, seperti di daerah–derah khususnya masyarakat di lingkungan RW 04, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

“Pada umumnya UMKM masih perlu pelatihan terkait manajemen usaha dan bgmn memahami karakteristik produk dan pelanggannya, sehingga upaya peningkatan usaha bisa berhasil,” kata Dihin.

**Baca juga: Sering Kecelakaan, Forum RTRW Kirana Turun ke Jalan Tertibkan Lalu Lintas.

Sementara itu, Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Esa Unggul, Ai Hendrani menjelaskan, permasalahan keuangan masih ada pada sebagian besar pengusaha UMKM, dan masih kurang memahami tata cara pembukuan keuangan.

“Maka dari itu, perlu pentingnya pembukuan laporan keuangan, karena memiliki laporan keuangan yang baik, bukan hanya monopoli bisnis besar dengan sistem keuangan yang lebih kompleks, tetapi sangat dibutuhkan juga oleh semua level bisnis tidak terkecuali pelaku usaha UMKM ujarnya” pungkas Ai. (Ris)

Berita Terbaru