oleh

Empat Perantara Penyebar Kuman yang Ada di Sekitar Anda

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Diketahui, kuman dapat dengan mudah bisa ditemukan di semua permukaan benda, termasuk pada barang-barang yang ada diĀ  sekitar rumah, bahkan di tubuh Anda sendiri.

Hal yang sebaiknya Anda ketahui, kuman dapat mudah menyebar akibat kelalaian Anda merawat barang-barang yang ada di sekitar rumah. Ditambah lagi perilaku yang menyepelekan kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Barang-barang yang didiami kuman biasanya adalah sesuatu yang sering kita gunakan, baik secara pribadi maupun berbagi dengan anggota keluarga lain. Sayangnya, sering tidak disadari bahwa barang-barang yang kita anggap bersih, ternyata dapat didiami oleh banyak kuman. Dikutip dari alodokter, berikut benda yang dimaksud:

1. Telepon genggam
Dalam keseharian, Anda sudah pasti beraktivitas juga di ruangan terbuka. Entah kuman apa saja yang menempel di tangan kita. Kemudian tanpa sadar, kita memegang telepon genggam, belum lagi meminjamkannya kepada teman.

2. Tas tangan
Saat kita sibuk berpindah tempat beraktivitas, segala macam kuman mungkin saja menghinggapi tas yang kita bawa. Siapa yang tahu, mungkin sudah ada 16 juta mikroba yang mendiami tas tangan Anda.

3. Wadah tisu toilet
Saat orang-orang secara bergantian mengambil tisu atau ketika mengisi kembali tisu ke wadah, maka beragam kuman dan bakteri bisa terkumpul di dalamnya. Hati-hati, tisu yang digunakan pun berisiko telah dihinggapi kuman sehingga menjadikan penggunanya berisiko mengalami infeksi kandung kemih, infeksi rahim, dan radang paru-paru.

4. Spons untuk mencuci peralatan makan
Penelitian medis terkait kebersihan dapur mengungkapkan bahwa spons pencuci piring dapat mengandung 200 ribu kali lebih banyak kuman dibandingkan dengan dudukan toilet sekalipun. Dengan kata lain, spons ini adalah alat rumah tangga yang bisa jadi mengandung paling banyak kuman. ** Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Gak Bisa Gemuk?

Jadi, selalu jaga kebersihan sekitar rumah untuk meminimalisir hal-hal yang merugikan kesehatan nda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru