oleh

Efektifkan Lima Cara Atasi Insomnia Berikut?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan.

Ada berbagai cara untuk mengatasi insomnia, termasuk cara-cara umum antara lain seperti mandi air hangat atau mengonsumsi segelas susu hangat.

Pertanyaannya adalah apakah cara-cara seperti itu tergolong efektif? Dikutip dari Harpers Bazaar, berikut uraiannya:

1. Segelas susu hangat
Susu dapat membantu Anda terlelap karena kandungan tryptophan di dalamnya, yaitu jenis asam amino penyebab rasa kantuk luar biasa yang dapat pula ditemukan pada daging turki.

Namun, hasil studi terkini justru menemukan bahwa tryptophan tidaklah efektif bila dikonsumsi bersamaan dengan sejumlah besar protein, dan siapa pun tahu bahwa susu merupakan salah satu sumber utama protein.

Lantas, mengapa susu hangat kerap dikonsumsi untuk mengatasi susah tidur? Dikutip dari artikel New York Time, susu hangat memberi perasaan nyaman dan tenang. Mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur dapat menjaga Anda dari serangan lapar di tengah malam.

2. Menghitung domba
Diketahui, menghitung domba adalah sebuah remedi insomnia paling terkenal dan aneh, sekaligus menyenangkan, yang begitu melegenda sejak dahulu kala.

Mengapa hewan yang digunakan adalah domba? Tak ada yang pernah benar-benar tahu. Namun pada dasarnya terdapat sebuah gagasan bahwa menghitung domba dalam pikiran dapat membantu mengalihkan perhatian dari hal maupun pemikiran yang menghalangi Anda untuk tidur.

Namun, cara ini tidak ampuh. Oxford University telah meneliti lebih dalam, dan mencoba beragam teknik berbeda untuk terlelap lebih cepat. Para partisipan dalam tes studi tersebut mengaku bahwa instruksi menghitung domba justru memakan waktu lebih lama untuk jatuh tertidur, dibanding dengan malam tanpa instruksi apa pun.

3. Visualisasi
Siapa yang tak pernah dengar kalimat “bayangkan Anda sedang berada di…”, ketika sedang susah tidur? Berkhayal Anda sedang berada di suatu tempat ideal yang hening dan tenang termasuk dalam salah satu remedi insomnia yang paling sederhana.

Ternyata cara ini terbukti ampuh. Pada studi Oxford University, para partisipan terlelap paling cepat ketika diinstruksikan untuk mengalihkan diri mereka sendiri dengan berimajinasi.

Para peneliti membuat kesimpulan bahwa dengan visualisasi diri berada di pantai atau lokasi manapun pilihan Anda, memakan lebih banyak energi kognitif jika dibandingkan dengan instruksi mudah seperti menghitung domba. Walaupun nampaknya, hal ini juga tergantung pada seberapa banyak usaha menghiasi ruang imajinasi Anda.

4. Lavender oil
Aroma lavender disetujui banyak orang sebagai aroma yang menenangkan, dan efeknya untuk rasa kantuk dapat dikatakan cukup dramatis. Beberapa studi menemukan bawa cukup beberapa tetes lavender oil pada bantal Anda ampuh untuk terlelap lebih cepat.

Para partisipan dalam sebuah studi Inggris memberi laporan bahwa 20 persen malam beristirahat yang lebih nyenyak dalam ruangan yang dipenuhi aroma lavender. Studi lain juga menguak bahwa para partisipan yang tertidur dengan aroma lavender merasa lebih segar dan berenergi keesokan harinya.

5. Mandi air hangat
Anda akan merasa berenergi saat temperatur tubuh naik, dan mengantuk saat temperatur Anda turun. Setelah Anda keluar dari pancuran air panas yang nyaman, suhu tubuh Anda jatuh seketika saat mengeringkan tubuh, yang berujung pada datangnya rasa kantuk. Jadi, apakah cara ini bekerja?

Sebenarnya tergantung pada tubuh Anda sendiri. Terkadang ada yang memang tidak berbakat mendinginkan suhu tubuh secara natural, yang berarti temperatur mereka tetap naik setelah mandi air hangat sebelum tidur, dan justru semakin membuat susah terlelap.

Sebuah studi menunjukkan bahwa suhu tubuh naik sebelum beristirahat malam akan mengurangi kualitas tidur. Jadi kesimpulannya, jika mandi air hangat berguna untuk Anda, maka cara ini layak untuk dicoba, walaupun bukan remedi yang mutlak efektif. ** Baca juga: Tidak Disarankan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

Jadi semuanya terserah pada pilihan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru