oleh

Efek Buruk Sering Tidur Larut Malam

Kabar6-Anda yang terbiasa tidur larut malam, mulai saat ini sebaiknya meninggalkan kebiasaan tersebut. Bukan tanpa alasan, selain wajah jadi tidak terlihat segar, berat badan juga bisa meningkat karena kebiasaan ini.

Sebuah penelitian membuktikan, kurang tidur dapat melemahkan kinerja otak. Dengan waktu tidur yang cukup, otak menstimulasi reaksi yang berperan dalam proses penguatan memori. Melansir beberapa sumber, ini efek buruk kebiasaan sering tidur larut malam:

1. Lemahkan sistem kekebalan tubuh
Kebiasaan tidur telat bisa menghancurkan leukosit atau sel darah putih, dan menyebabkan sistem inum menurun. Berkurangnya leukosit dalam darah membuat tubuh rentan dengan penyakit dan infeksi.

2. Rentan risiko diabetes
Rusaknya hormon dalam tubuh, maka insulin yang dihasilkan juga berkurang. Dan hal ini membuat tubuh rentan terhadap glukosa, dan bisa menjadi penyebab diabetes.

3. Sulit kontrol nafsu makan
Ketika seseorang kurang tidur maka hormon kortisol dalam darah meningkat, sehingga keinginan mengonsumsi makanan selalu muncul. Ini yang membuat berat badan sulit dikontrol.

Studi menunjukkan, orang dengan metabolisme lambat dan kelebihan berat badan memiliki masalah kurang tidur. Nafsu makan akan kacau ketika seseorang mengalami sulit tidur. Untuk itu diperlukan siklus yang baik. Mulailah mengatur kebiasaan tidur agar hormon-hormon itu berfungsi dengan baik.

4. Risiko jantung dan stroke
Fungsi jantung pun akan terganggu bila masih terbiasa tidur larut malam. Selain itu kebiasaan ini akan berdampak jangka panjang berisiko gagal jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. ** Baca juga: Kurang Tidur Bisa Jadi Penyebab Orang Mudah Tersinggung

Yuk, mulai biasakan tidur cukup agar tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru