oleh

Durasi Mandi yang Tepat untuk Kesehatan Kulit

Kabar6-Terlalu lama menghabiskan waktu dalam kamar mandi dapat berdampak buruk pada kesehatan kulit. Disebutkan, mandi lebih dari 5-10 dalam air panas dapat membuat kulit menjadi kering, terutama bila sedang musim hujan.

Seorang dokter spesialis kulit di Amerika menyarankan agar jangan terlalu lama mandi dan gunakanlah air dengan suhu yang lebih dingin (tidak terlalu panas) untuk mengurangi risiko kerusakan kulit (kulit menjadi kering). Melansir Menshealth, cuaca panas juga bukan menjadi alasan bagi Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di dalam kamar mandi. Hal ini karena kulit Anda telah cukup banyak ‘menderita’ dengan udara kering dan panas di lingkungan sekitar Anda dan suhu dingin di dalam ruangan kantor atau kamar tidur.

Bila Anda kembali menambahkannya dengan penggunaan sabun dan air panas secara berlebihan, maka hal ini tidak hanya dapat membantu mengangkat debu dan kotoran dari permukaan kulit, tetapi juga dapat menyingkirkan lapisan minyak alami pelindung kulit.

Kehilangan lapisan kulit yang satu ini di saat cuaca panas, akan membuat kulit menjadi kering, teriritasi, dan pecah-pecah saat musim hujan dimulai.

Anggota gerak tubuh Anda seperti tangan dan kaki memang lebih mudah mengalami gangguan yang satu ini (kulit kering) karena kurangnya sirkulasi darah di daerah tersebut. Jadi, bila Anda menambahkannya dengan paparan berlebihan terhadap sabun dan air panas, maka kelembapan kulit di daerah kaki dan tangan yang memang sudah sangat sedikit ini juga akan menghilang.

Selain itu, mandi dengan waktu lebih singkat dan menggunakan air hangat serta menggunakan pelembap segera setelah mandi dapat membantu mengunci kelembapan kulit yang Anda peroleh selama mandi dan membuatnya lebih tahan lama. ** Baca juga: Hindari 5 Makanan Ini Saat Alami Sindrom Perut Sensitif

Pilihlah sabun yang mengandung banyak pelembap dan sedikit bahan iritatif di saat musim penghujan telah dimulai juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering.(ilj/bbs)

Berita Terbaru