Durasi Aman Bagi Mata untuk Menatap Layar Ponsel

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nyaris sebagian besar masyarakat sudah menjadikan ponsel sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Tidak jarang kita melihat banyak orang yang seakan tidak berhenti menatap layar ponsel mereka.

Sebenarnya berapa lama sih durasi yang aman untuk menatap ponsel? Melansir Kompas, disarankan agar para pengguna ponsel untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit saat menatap layar ponsel. Hal ini karena layar ponsel memancarkan cahaya yang dapat mengganggu kesehatan mata jika ditatap dalam durasi waktu lama.

Diketahui, ponsel bekerja menggunakan gelombang elektromagnetik, dan jika terpapar terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi kering, panas, berair, memerah, bahkan katarak.

Nah, ada trik khusus untuk mengistirahatkan mata dari layar ponsel, yakni dengan menerapkan Latihan 20-20-20. Maksudnya, setiap 20 menit menatap layar, palingkan pandangan mata ke arah objek lain yang berjarak sekira 20 kaki atau setara dengan enam meter selama 20 detik. Lakukan secara berulang setiapkali menggunakan ponsel dalam durasi waktu yang cukup lama.

Latihan ini dapat membuat otot fokus pada mata lebih santai dan menghindarkan risiko terjadinya kejang otot mata. Hal lain adalah dengan mengonsumsi vitamin A, menggunakan alat pelindung mata, seperti kacamata dan lapisan pelindung layar, juga memperhatikan cara penggunaan ponsel yang baik dengan mengatur kontras, kecerahan, dan ukuran font, dan lain-lain. ** Baca juga: Ketahui Beberapa Jenis Gizi Unggulan Seafood

Selamat mencoba.(ilj/bbs)