oleh

Dua Tahun Setelah Kematiannya Jasad Lansia Asal Italia Ditemukan Duduk di Meja Rumah

Kabar6-Secara mengejutkan jenazah seorang wanita asal Italia bernama Marinella Beretta (70), ditemukan duduk di meja lebih dari dua tahun setelah dia meninggal dunia.

Penemuan jenazah Beretta di rumahnya daerah Prestino dekat Danau Como, Lombardy, telah mendorong seruan untuk perawatan yang lebih baik bagi orang tua di Italia.

Wanita yang tinggal sendiri itu, melansir Nypost, diyakini tidak memiliki kerabat dan tidak terlihat oleh tetangganya sejak September 2019. Para tetangga dilaporkan berasumsi bahwa Beretta telah pindah pada awal pandemi Corona, yang melandia Italia pada awal 2020. Menurut konfirmasi petugas pers Balai Kota Como, Francesca Manfredi, mayat Beretta ditemukan oleh pemadam kebakaran Como menyusul keluhan sebuah pohon tumbang di kebunnya sebagai akibat dari tanaman yang tumbuh tak terurus.

Penyebab kematian Berettatidak diketahui, tetapi berdasarkan tingkat pembusukan, dia diyakini telah meninggal pada akhir 2019. Polisi tidak menemukan apa pun di tempat kejadian yang menunjukkan kematiannya mencurigakan.

Wali Kota Como, Mario Landriscina, mengatakan bahwa kematian Beretta harus menjadi ‘momen refleksi’. Dia mengundang penduduk setempat untuk menghadiri pemakaman wanita tua itu, yang tanggalnya belum ditentukan.

“Ini adalah tragedi yang terjadi dalam konteks yang diperumit oleh pandemi, dari kota yang tertutup dan terisolasi,” kata Landriscina. “Siapa yang tahu betapa menderitanya wanita ini. Sekarang saatnya memberi kesaksian dan saya mengundang kota untuk hadir.”

Menteri untuk keluarga dan kesempatan yang sama, Elena Bonetti, mengungkapkan bahwa kematian Beretta yang ‘terlupakan’ melukai hati nurani Italia. ** Baca juga: Dukun di Pakistan Pantek Kepala Ibu Hamil Agar Lahirkan Bayi Laki-laki

“Kami memiliki tugas, sebagai komunitas yang ingin tetap bersatu, untuk mengingat hidupnya…tidak ada yang harus ditinggalkan sendirian,” demikian tulis Bonetti dalam laman Facebook.

Menurut laporan 2018 oleh lembaga statistik nasional, hampir 40 persen orang berusia di atas 75 tahun di Italia hidup sendiri.(ilj/bbs)