oleh

Dua Kali Ganti Paru-Paru, Wanita Ini Idap Penyakit Genetik

Kabar6-Malang benar nasib Tiffany Senter (25). Penyakit kronis yang diderita membuatnya mau tak mau harus mengganti organ paru-paru sebanyak dua kali. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Rupanya, Tiffany menderita cystic fibrosis sejak lahir. Melansir Dailymail, cystic fibrosis adalah penyakit genetik yang membuat organ-organ tubuh seperti paru-paru, ginjal, pankreas, liver, hingga usus mengalami penumpukan cairan yang sangat lengket. Seiring dengan bertambahnya usia, semakin memburuk pula kondisi kesehatan yang dialaminya. Bahkan, Tiffany sampai harus keluar sekolah akibat hal ini.

Saat berusia 17 tahun, Tiffany sudah menjalani transplantasi paru pertama. Kondisinya sempat membaik, namun empat tahun kemudian tubuh Tiffany mulai menolak paru-paru barunya, sehingga ia pun harus dirawat di rumah sakit selama sembilan bulan. Bahkan, Tiffany sempat hidup dengan menggunakan alat bantu pernapasan dan selang khusus untuk mendapatkan asupan makanan selama tiga bulan karena kemampuan berfungsi paru-parunya hanya tinggal sembilan persen.

Transplantasi paru-paru kedua pun dilakukan. Sayangnya, paru-paru ini juga hanya mampu berfungsi dengan normal selama 1,5 tahun saja. “Paru-paru kanan sudah tidak lagi berfungsi. Sementara itu, hanya sebagian kecil paru-paru kiri yang masih bisa menjalankan fungsinya. Sebelumnya paru-paru ini berfungsi hingga 93 persen selama satu setengah tahun, namun lama-kelamaan tubuh menolaknya,” jelas Tiffany. ** Baca juga: Hiiā€¦2 Wanita Asal Kamboja Olah Tarantula Hitam Langka Jadi Camilan

Tubuh Tiffany menganggap paru-paru baru ini sebagai benda asing, sehingga sistem imun pun berusaha untuk menyerangnya. Hal ini membuat harapan hidup Tiffany sangat rendah meskipun ia sudah mengonsumsi berbagai macam obat-obatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru