oleh

Dua Jempol untuk Rolden yang Bermain Gitar Saat Jalani Operasi Otak

Rolden memainkan gitar di tengah operasi.(thesun.co.uk)
Rolden memainkan gitar di tengah operasi.(thesun.co.uk)

Kabar6-Hal tak biasa terjadi dalam kamar operasi. Rolden Batista (40) yang saat itu tengah menjalankan proses operasi otak untuk mengangkat tumor, justru bermain gitar saat operasi tengah berlangsung.

Saat memeriksakan diri ke dokter, pria asal Brasil ini memiliki dua opsi. Pertama kondisi dirinya terbius total, atau opsi lain adalah operasi yang dilakukan saat kondisinya tetap sadar.

Rolden pun memilih opsi kedua. Hal yang menarik, dikutip dari Dokter Sehat, dokter yang akan mengoperasi justru meminta Rolden bermain gitar selama operasi berlangsung.

Menurut pakar bedah, operasi otak yang dilakukan dengan kondisi sadar dan meminta pasiennya tetap bernyanyi atau memainkan alat musik, akan membuat dokter bedah bisa segera tahu andai mereka melakukan kesalahan saat prosedur operasi ini dilakukan.

Rolden bahkan menerima telepon dari sang istri.(thesun.co.uk)
Rolden bahkan menerima telepon dari sang istri.(thesun.co.uk)

Contohnya, jika seseorang tiba-tiba saja kesulitan untuk bernyanyi dengan lancar, maka dokter bisa segera memperbaiki bagian otak yang mengendalikan gerakan, indera, dan juga ucapan dengan cepat.

Prosedur operasi otak yang dilakukan dengan pasien tetap sadar sebenarnya bukanlah yang pertama kali terjadi. Carlos Aguilera, musisi dari Spanyol, juga menjalani prosedur ini dengan memainkan saksofon.

Kemudian penyanyi tenor Ambroz Bajec-Lapajne dari Slovenia juga dioperasi sambil menyanyikan lagu ‘Gute Nacht’ karya komposer kenamaan Franz Peter Schubert demi mengobati penyakit Glioblastoma Multiforme-nya. ** Baca juga: 150 Boneka dari Jenazah Koleksi Moskvin yang Bikin Bergidik

Bahkan, baru-baru ini ada seorang pria dari Tiongkok yang melakukan operasi pengangkatan tumor otak dengan membaca berita dari tablet PC. Woow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru